Sejarah

Hari ini terjadi karena adanya serangkaian peristiwa yang terjadi pada masa lalu. Tempat kita hidup, ilmu yang kita pelajari, dan apapun yang kita nikmati hari ini merupakan hasil dari serangkaian peristiwa yang pernah terjadi di masa lalu. Bahkan kita bisa hadir di dunia ini juga merupakan serangkaian peristiwa yang terjadi masa lalu, yaitu peristiwa pertemuan antara ayah dan ibu kita. Hari ini mungkin tidak akan terjadi apabila tidak ada masa lalu. Peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lalu tersebut biasa kita sebut sebagai sejarah.

Definisi Sejarah Menurut Para Ahli, Pengertian dan Asal kata
pixabay

Pengertian Sejarah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sejarah adalah asal-usul, silsilah, atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau. Selain itu, pengertian sejarah dapat dijelaskan dengan definisi menurut bahasa dan menurut para ahli.

Definisi sejarah menurut bahasa

Pengertian sejarah menurut bahasa dapat dijelaskan sebagai berikut.

  1. Kata sejarah berasal dari bahasa arab, yaitu syajaroh yang berasal dari kata syajarotun yang artinya adalah pohon. Terdapat tiga bagian utama pada pohon, yaitu akar, batang, dan tajuk dimana tiga bagian pohon tersebut saling berhubungan satu sama lain. Apabila terdapat satu bagian yang terganggu maka akan dapat mengganggu bagian yang lainnya. Misalnya apabila bagian batang dari pohon tersebut terserang penyakit, sementara pohon itu adalah bagian tanaman yang berperan sebagai penyangga pohon, maka akan membuat pohon tersebut lapuk dan akhirnya rubuh. Sementara itu, bagian terpenting dari suatu pohon adalah akar. Akar yang kuat akan dapat menopang suatu pohon dengan kokoh. Sejarah dapat diumpakan seperti sebuah pohon, yaitu kumpulan peristiwa-peristiwa masa lampau yang saling terkait dalam ruang dan waktu. Peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa kini akan menjadi sebuah kisah di masa depan.
  2. Dalam bahasa Inggris dapat disebut dengan history yang memiliki arti masa lampau. Kata history ini sudah diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi histori. Istilah ini selanjutnya akan digunakan dalam pembahasan berikutnya.
  3. Dalam bahasa yunani, histori disebut dengan historia yang memiliki arti belajar. Sehingga histori tersebut adalah pengetahuan yang membahas tentang peristiwa yang terjadi di masa lampau.

Definisi sejarah menurut para ahli

Para ahli, baik dari dalam negeri atau luar negeri, memiliki pendapat yang berbeda mengenai pengertian sejarah atau histori. Hal tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

  1. Menurut Muhammad Yamin, seorang ahli hukum dan sejarawan pada masanya, histori adalah ilmu pengetahuan yang disusun berdasarkan hasil penyelidikan beberapa peristiwa dan dapat dibuktikan dengan kenyataannya.
  2. Menurut Moh. Hatta, wakil presiden pertama Republik Indonesia, histori memiliki wujud tentang masa lampau. Bukan hanya sekedar melahirkan kriteria dari kejadian di masa lalu, tetapi juga pemahaman masa lalu yang mengandung berbagai dinamika, mungkin berisi pelajaran bagi manusia berikutnya.
  3. Menurut Moh. Ali, histori merupakan keseluruhan perubahan dan kejadian-kejadian yang pernah benar terjadi. Histori adalah ilmu yang menyelidiki perubahan-perubahan yang benar-benar terjadi di masa lampau.
  4. Aristoteles menyatakan bahwa histori merupakan suatu sistem yang meneliti tentang suatu kejadian sejak awal tersusun dalam bentuk kronologi dan memiliki catatan atau bukti-bukti yang konkrit.
  5. Menurut E.H. Carr, dalam bukunya yang berjudul “What is History”, menyatakan bahwa histori merupakan dialog yang tidak pernah selesai antara masa sekarang dengan masa lampau. Suatu proses interaksi antara sejarawan serta fakta-fakta yang dimilikinya secara berkesinambungan.

Aspek-aspek Sejarah

Berdasarkan pengertian histori yang telah dipaparkan sebelumnya, terdapat tiga aspek penting yang perlu digarisbawahi, yaitu masa lalu, masa kini, dan masa depan. Aspek tersebut merupakan segala sesuatu yang menjadi perhatian utama dalam ilmu sejarah. Ketiga aspek tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

  1. Masa lalu merupakan aspek utama. Aspek masa lalu ini dibuktikan dengan adanya catatan atau sumber kejadian masa lampau yang menjadi bahan utama untuk dipelajari. Masa lampau juga dapat dikatakan sebagai kejadian yang abadi dan tidak dapat diubah serta selalu dikenang. Masa lampau juga merupakan gambaran kehidupan manusia dan kebudayaannya pada masa lalu. Gambaran tersebut dapat digunakan untuk merumuskan hubungan sebab akibat atas suatu peristiwa.
  2. Masa kini adalah dimana manusia mengalami masa terbaru dan merupakan masa yang sangat penting karena dapat menentukan masa depan. Pada masa kini, peristiwa masa lalu tersebut dipelajari sehingga apabila terdapat peristiwa kelam, tidak akan terulang kembali atau setidaknya dapat diperbaiki.
  3. Masa depan merupakan harapan dan wujud dari usaha manusia dalam mempelajari peristiwa masa lalu dan menerapkannya terhadap masa kini sehingga terwujud dengan baik. Peristiwa-peristiwa masa lalu tersebut dapat dijadikan pedoman hidup suatu bangsa agar di masa depan lebih berguna dan lebih berhati-hati serta bijaksana dalam bertindak dan mengambil keputusan.

Artikel Terkait Dengan Sejarah

Berikut beberapa artikel yang membahas masalah Sejarah

[display-posts category=”sejarah” posts_per_page=”50″]