Mengapa Saya tidak bisa fokus dan bagaimana cara memperbaiki fokus Saya?

0
34
Cara mengembalikan fokus

Kenapa harus fokus?

Fokus adalah super power dalam mengerjakan suatu tugas untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan lebih banyak.

Jenis Fokus

Fokus terbagi menjadi 2

1.  Fokus tersebar, adalah proses mengerjakan sesuatu secara bersamaan sehingga fokus otak kita akan sering berganti ganti.

Fokus yang tersebar itu tidak mudah dan akan berakibat buruk bagi otak karena akan membuat otak kita letih jika harus mengeluarkan energi untuk berganti ganti fokus.

2.  Fokus yang diarahkan, adalah proses mengerjakan tugas dengan fokus dan konsentrasi pada suatu hal.

Cara Memperbaiki Fokus

1.  Hilangkan semua distraksi/gangguan yang ada.

Bayangkan jika energi fokus anda ada 5 blok, jika ada satu distraksi yang masuk  maka kita kehilangan 1 blok fokus, yg dimana jika anda ingin agar fokus itu kembali, maka otak anda perlu energi untuk mengembalikannya.

Misalnya anda mengerjakan tugas, tiba tiba ibu anda masuk dan mengatakan makan malam sudah siap, maka sebagian dari energi fokus anda akan tertuju pada makan malam, dan jika anda ingin agar 1 fokus itu kembali lagi, maka dibutuhkan energi untuk itu. Untung untung jika distraksinya hanya satu.

2.  Rawat tubuh Anda

Jika anda ingin agar pikiran anda berfungsi secara optimal, anda perlu merawat tubuh anda, bagaimana cara merawat tubuh?:

  • Tidur yang cukup

Jika Anda tidur di bawah 7 jam, maka konsentrasi anda akan berkurang, tidurlah 7-9 jam untuk mendapatkan konsentrasi yang baik.

  • Olahraga

Olahraga juga tidak perlu yang muluk muluk, cukup dengan berjalan kaki di sekitar rumah/blok akan membuat konsentrasi anda menjadi baik, apalagi ditambah dengan pohon dan udara yang segara.

Ketika kita berolahraga, kita melepaskan dopamin, norepinerfin, serotin dan neuroggtransmiter yang akan meningkatkan fokus pada tugas tugas yang sulit.

  • Minum

Ketika kita bagun di pagi hari, kita cenderung susah fokus, penyebabnya adalah karena selama 8 jam kita belum minum (dehidrasi) dan tubuh teras ringan. Minum yang cukup akan meningkatkan fokus.

  • Makanan yang sehat

Gula yang tinggi yang terkandung dalam makanan manis, seperti donat, kue dll akan membuat otak kita kabut dan susah fokus, makanlah makanan yang sehat, seperti buah buahan.

3.  Fokus itu adalah skill (kemampuan)

Jika anda sadar bahwa fokus adalah skill (kemampuan) maka anda perlu untuk melatih skill fokus anda, di awal mungkin anda hanya perlu meluangkan/menjadwalkan 10 menit dalam sehari untuk berlatih fokus dan terus meningkatkan durasi waktu anda untuk berlatih fokus. Tujuan akhirnya adalah menjadikan fokus itu sebagai habit (kebiasaan).

Waktu terbaik untuk fokus adalah di pagi hari, karena otak kita masih belum terisi distraksi yang banyak, sebaliknya waktu kita susah fokus adalah sore hari, ketika otak kita sudah terisi banyak tugas yang membuat kita kehilangan fokus kita, namun ini bukan berarti hal yang mustahil untuk fokus di sore hari.

4.  Un-stimulate your brain

Adalah membuat otot otak kita kembali rileks, bisa dengan berjalan kaki.

5.  Istirahat

Di fase ini kebanyak orang tergelincir, bukannya istirahat malah berpindah dari satu fokus ke fokus lainnya, misal saat istirahat di isi dengan membuka hp (browsing internet/sosial media), nonton tv dll… Jika anda merasa bosan saat beristirahat, biarkan saja. Mungkin tidur siang bisa menjadi solusi istirahat yang baik.

6.  Pomodoro techniques

  • Merupakan salah satu teknik belajar, caranya seperti ini:
  • Pilih salah satu tugas untuk kita fokuskan
  • Aturlah timer/alarm selama 25 menit
  • Setelah timer/alarm berbunyi, istirahtlah selama 5 menit
  • Lakukan lagi untuk sesi berikutnya, semakin banyak sesi, maka waktu istirahat akan meningkat, mungkin dari 5 menit menjadi 15 menit, 30menit dst…
  • 25 menit bukanlah patokan, itu tergantung dari jenis tugas yang ingin anda kerjakan, temukan sendiri sesi terbaik anda.

Terima kasih telah membaca tulisan tentang fokus ini, dan Saya ucapkan selamat, karena anda selangkah lebih maju dalam hal fokus dibandingkan dengan orang lain. Silahkan praktekkan dan Saya tunggu komentar anda di kolom komentar di bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here