Ucapan Cepat Sembuh Dalam Islam Bahasa Arab & Inggris

0
1469
Ucapan Cepat Sembuh Dalam Islam Bahasa Arab dan inggris
Ucapan Cepat Sembuh Dalam Islam | Pixabay

Manusia hidup di dunia tidak lepas dari cobaan dan ujian, salah satu ujian yang dihadapi manusia adalah sakit. Bahkan sakit merupakan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Sebagai sesama muslim dianjurkan untuk menjenguk saudara atau kerabat yang sedang sakit. Nabi Muhammad SAW mengatakan jika menjenguk orang sakit adalah hak kaum muslim, dan muslim yang ikhlas melakukan perbuatan mulia ini akan diberi ganjaran berupa pahala yang amat sangat besar. Serta ketika berkunjung ke tempat kerabat atau saudara yang sedang sakit, baiknya memanjatkan doa atau ucapan cepat sembuh agar saudara atau kerabat segera diberi kesembuhan.

Ucapan Cepat Sembuh Dalam Islam Bahasa Arab dan inggris
Ucapan Cepat Sembuh Dalam Islam | Pixabay

Haqqul muslim alal muslim

Berdasarkan hadist Rasulullah bersabda,

[alert-success]عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ الَّه صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم قَالَ حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ خَمْسٌ : رَدُّ السَّلَامِ، وَعِيَادَةُ الْمَرِيْضَ، وَاتِّبَاعُ الْجنَائِزِ، وَإِجَابَةُ الدَّعْوَةِ، وَتَشْمِيْتُ الْعَاطِسِ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ[/alert-success]

“Hak seorang muslim yang harus ditunaikan ada lima, diantaranya menjawab salam, mendoakan saudara sesama muslim bersin, menghadiri undangan, menjenguk yang sakit, dan mengantarkan jenazah muslim yang lain.” (Muttafaq Alaih)

Dan di dalam riwayat muslim, bahwasanya Rasulullah bersabda,

[alert-success]وَفِي رِوَايَة لِمُسْلِمٍ : حَقُّ الْمُسْلِمِ سِتٌّ : إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ، وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ، وَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ، وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّه فَشَمِّتْهُ . وَإِذَا مرِضَ فَعُدْهُ، وَإِذَا مَاتَ فَاتْبِعْهُ[/alert-success]

“Hak setiap muslim ada enam (6). Ketika engkau bertemu dengannya maka ucapkanlah salam, dan jika ia memanggilmu (menghadiri suatu acara dll) maka penuhilah panggilannya, dan jika ia meminta agar engkau menasehatinya, maka berikanlah ia nasehat, dan jika ia bersin, kemudian memuji Allah (mengucapkan Alhamdulillah) maka jawablah/doakanlah dia (dengan mengatakan yarhamukallah), dan jika ia sakit, maka jenguklah, dan apabila dia meninggal, maka iringilah jenazahnya.

Adapun hadist yang lain, Rasulullah bersabda,

[alert-success]إِذَا عَادَ الرَّجُلُ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ مَشَى فِيْ خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ، فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ[/alert-success]

“Apabila seorang menjenguk saudara yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya dipagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendoakannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya disore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendoakannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi hari.” (HR. At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan Sanad Shalih).

Lalu, apa yang dilakukan ketika datang menjenguk orang sakit selain datang dan membawa buah tangan? Selain datang dan membawa buah tangan ada baiknya disertai meberi doa atau ucapan cepat sembuh.

Keutamaan menjenguk orang sakit

Ada beberapa keutamaan lain ketika kita menjenguk dan memberi ucapan lekas sembuh untuk orang sakit. Berikut beberapa keuntungan menjenguk orang sakit:

  • Muslim yang senantiasa menjenguk kerabat muslim yang lain akan mendapat pahala yang sangat banyak. Hadist riwayat muslim, “Siapa saja yang menjenguk orang sakit akan senantiasa berada di kebun surga sampai ia kembali.”

  • Allah berfirman, “Wahai anak adam, Aku sakit namun engkau tidak menjenguk-Ku. Ia berkata, Ya rabbbagaimana aku menjenguk-Mu sementara engkau adalah tuhan alam semesta? Allah berfirman, tidakkah engkau tahu bahwa hamba-Ku sakit tapi engkau tidak menjenguknya, tidakkah engkau tahu, bila menjenguknya niscayaengkau akan mendapati-Ku ada disisnya?” Pada hadis ini dijelaskan bahwa hamba yang menjenguk orang sakit akan diberi kemuliaan serta pahala yang melimpah dan tempat disisi Allah SWT.

  • Umat muslim yang ikhlas meluangkan waktunya untuk menjenguk saudar atau kerabat yang sakit, maka para malaikatpun akan turut mendoakan memohon ampun untuk orang yang datang menjenguk.

  • Sering kali kita sebagai manusia lupa bersyukur akan nikmatnya sehat yang Allah berikan. Dengan datang menjenguk orang sakit, kita seperti diingatkan bahwa sekarangalah saat bersyukur atas kesehatan dan rahmat yang diberikan oleh Allah SWT.

  • Nabi Muhammad SAW bersabda, “kunjungilah orang yang sakit dan ikutilah jenazah, (hal tersebut) mengingatkan kalian dari akhirat.” (HR. Ahmad). Menjenguk orang sakit, maka akan teringat dengan dosa-dosa yang pernah dilakukan di dunia. Menjenguk orang sakit dapat mengingatkan pada akhirat.

  • Allah SWT akan menjamin kebaikan untuk hambanya yanga menjenguk saudara atau kerabat yang sakit.

  • Siapa yang menjenguk orang sakit, ia akan masuk ke dalam rahmat (Allah), sehingga apabila duduk, ia akan berada dalam rahmat tersebut.” Menjenguk saudara atau kerabat yang sakit akan mendapat rahmat serta kelancaran urusan di dunia serta akhirat. Urusan dunia akan diberi kelancaran oleh Allah SWT ketika umat muslim menjenguk saudara atau kerabat yang terkena musibah berupa sakit.

Selain mempunyai keutamaan untuk diri sendiri menjenguk orang sakit juga berpengaruh terhadap orang yang dijenguk. Dengan memberi ucapan lekas sembuh, orang yang sakit akan termotivasi dan lebih semangat untuk segera sembuh. Dan juga akan mendapat energi luar biasa untuk kesembuhannya. Kerabat yang sakit, saat dijenguk akan merasa mendapat perhatian dari orang-orang yang menjenguknya. Hal ini dapat membuat orang sakit merasa dicintai serta dapat menentramkan hati dan menenangkan pikirannya. Mendapatkan kekuatan batin ketika dijenguk, dapat meningkatkan semangat orang yang sakit untuk segera sembuh. Hal ini adalah contoh mengapa Nabi Muhammad menganjurkan umat muslim untuk menjenguk saudara atau kerabat yang sakit.

Pada saat menjenguk kerabat yang sakit mungkin saja kita kebingungan, ucapan lekas sembuh seperti apa yang dapat memeberi semangat untuk orang yang sedang dijenguk.

Ucapan Lekas Sembuh Dalam Islam

Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai ucapan lekas sembuh, selain mendoakan juga dapat memberi semangat untuk orang yang sedang sakit.

  1. Ucapan Cepat Sembuh dalam Bahasa Arab

Perlu kita tahu, bahsa Arab adalah bahasa surga. Dijelaskan pula bahasa Arab adalah bahasa yang lembut serta dapat menentramkan hati dan jiwa. Sehingga sebaiknya ucapan cepat sembuh untuk saudara atau kerabat muslim menggunakan bahsa Arab. Berikut beberapa contoh ucapan cepat sembuh dengan bahasa Arab:

Syafakallah la ba’sa thahuurun insyaallah

Semoga Allah segera menyembuhkanmu, tak mengapa, suci dari dosa insyaallah

As’alullahal adzim rabbal arsyil adzim an yasyfiaka

Aku memohon kepada Allah yang maha agung, pemilik Arasy yang agung agar segera menyembuhkanmu

Allahumma robbannas adz-hibil ba’sa isyfi antasy-syafi la syifa’a illa syifa’uka syifa’an la yuhgadiru saqoman

Ya Allah tuhan dari semua manusia, hilangkan segala penyakit, sembuhkanlah, hanya engkau yang dapat menyembuhkan, tiada kesembuhan kecuali dari pada-Mu

Syafaakallaah

Semoga Allah menyembuhkanmu

  1. Ucapan Cepat Sembuh dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan hampir diseluruh dunia. Bahkan di Indonesia, bahasa Inggris cukup populer. Mungkin juga yang mempunyai saudara atau kerabat yang tinggal diluar negeri, pasti menggunakan bahasa Inggris untuk komunikasi. Ketika saudara atau kerabat yang tinggal di luar negeri jatuh sakit, bahasa Inggris berguna pada situasi ini. Berikut adalah beberapa ucapan cepat sembuh dalam bahasa Inggris:

I wish to Allah. Get well soon, be patient

Aku berharap kepada Allah. Semoga lekas sembuh, bersabarlah

Allah loves you, so gave you sickness. Never give up with your sickness. Get well soon

Allah mencintaimu, sehingga beliau memberimu penyakit. Jangan pernah menyerah dengan penyakitmu. Semoga cepat sembuh

Get well soon. Pray for you

Semoga cepat sembuh teman. Doaku selalu untukmu

I can not do anything axcept for your recovery. Get well soon, friend

Aku tidak dapat berbuat apa-apa kecuali untuk kesembuhanmu. Semoga cepat sembuh teman

We lost your laugh, friend. Believe me, Allah hears our pray. Get well soon

Kami kehilangan tawamu, teman. Percayalah, Allah mendengar doa kita. Semoga cepat sembuh

Get well soon. We have missed playing with you

Semoga cepat sembuh. Kami sudah rindu bermain denganmu

Don’t be feel alone. Our pray with you. Believe me, Allah grant our prayers”

Jangan merasa sendiri. Doa kami menyertaimu. Percayalah, Allah mengabulkan doa kita

Don’t worry, friend. I will always be with you. Get well soon

Jangan khawatir teman. Aku akan selalu bersamamu. Semoga lekas sembuh

Be petient. May Allah take away your sins by giving this pain for you

Bersabarlah. Semoga Allah menghapus dosa-dosamu dengan diberinya sakit ini untukmu

Never give up. Allah with us. Get well soon

Jangan pernah menyerah. Allah bersama kita. Semoga lekas sembuh

Kesimpulan

Mari kita pikirkan lagi, apa yang kita dapat dari menjenguk saudara atau kerabat yang sakit. Perlu kita ingat, manusia hidup di dunia tidak sendiri, melainkan hidup bersama dan saling membutuhkan satu sama lain. Disaat saudara atau kerabat terkena musibah hendaknya kita datang untuk menjenguk sebagai wujud kepedulian. Seperti halnya ketika orang terdekat sakit, baiknyadatang untuk menjenguk dan memberi ucapan lekas sembuh.

Pada artikel ini sudah dibahas mengenai keutamaan menjenguk orang sakit serta ucapan cepat sembuh dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris. Mulai sekarang, kita sebagai umat muslim mempraktekkan isi dalam artikel ini, untuk kebaikan dunia dan akhirat serta mendekatkan diri dengan saudara atau kerabat dan mendekatkan diri dengan Allah SWT.

Semoga artikel ucapan cepat sembuh/lekas sembuh ini bermanfaat untuk pembaca semua.

Artikel Terkait

[display-posts category=”ibadah” posts_per_page=”5″]