9+ Doa Setelah Sholat Fardhu Arab dan Terjemah Lengkap

0
2083
9 Doa Setelah Sholat Fardhu
9+ Doa Setelah Sholat Fardhu | Pixabay

Ibadah solat fardhu merupakan ibadah wajib bagi umat Islam yang memiliki kedudukan paling tinggi diantara ibadah lainnya. Sehingga apabila seseorang mengaku Islam dan tidak melaksanakan sholat fardhu, maka orang tersebut dianggap murtad dan diwajibkan untuk segera bertobat. Setelah selesai melaksanakan solat fardhu, dianjurkan untuk berdzikir dan membaca doa. Karena Salah satu waktu mustajab untuk berdoa adalah setelah selesai sholat fardhu. Berdoa merupakan salah satu bentuk beribadah kepada Allah dan Allah berjanji akan mengabulkan doa setiap hamba-Nya. Hal tersebut tertuang pada ayat Al-Quran Surah Al Baqarah ayat 186,

[alert-success]وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖفَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ[/alert-success]

Yang artinya “Dan apabila hamba-hamba Ku bertanya tentang Aku (Allah), jawablah sesungguhnya aku dekat. Aku (Allah) akan mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi segala perintah-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka senantiasa berada dalam kebenaran”.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai doa setelah sholat fardhu yang bisa kita panjatkan, terlebih dahulu kita akan membahas tentang doa dan keutamaan berdoa.

Pengertian Doa

Doa adalah memohon atau meminta pertolongan kepada Allah dengan sungguh-sungguh dalam keadaan apa pun. Adapun tujuan berdoa yaitu memohon untuk selalu dibimbing Allah, supaya selamat dunia akhirat, bentuk rasa syukur kepada Allah, dan memohon perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk. Sebagai manusia, hendaklah senantiasa kita berdoa memohon ampunan dari Allah, baik yang disengaja maupun tidak, memohon keteguhan iman dan kesehatan supaya dapat menjalankan segala perintah Allah. Selain itu, juga memohon perlindungan dari gangguan setan supaya tidak terjebak ke dalam jurang maksiat. Terlebih lagi pada situasi dan kondisi seperti zaman sekarang ini. Semakin modern zaman, cara setan mengganggu manusia juga semakin moder. Bisa saja hari ini kita begitu rajin, ikhlas dan baik dalam beribadah. Namun esok hari berikutnya didera rasa malas. Mungkin saja hari ini kita merasa begitu bahagia, namun esok lusanya mendapat nasib yang sebaliknya. Oleh karena itu, dalam keadaan sebaik apapun kita tetap perlu berdoa. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW dalam hadis riwayat Al Hakim yang artinya “Tiada sesuatu yang paling mulia dalam pandangan Allah, selain dari berdoa kepada-Nya, sedang kita dalam keadaan lapang”.

9 Doa Setelah Sholat Fardhu
9+ Doa Setelah Sholat Fardhu | PixabayIbadah

Keutamaan Berdoa

Doa adalah salah satu jenis ibadah yang sangat agung dan merupakan alat komunikasi dengan Allah yang paling baik. Akan tetapi, banyak sekali umat Islam yang melupakan dan meninggalkannya. Doa sendiri memiliki beberapa keutamaan dan keistimewaan seperti yang ditulis oleh Syekh Abdul Malik Al-Qasim.

  • Doa adalah perintah dari Allah

Seperti pada firman Allah dalam Al Quran Surah Al Mu’min ayat 60, yang artinya “Berdoalah kepada-Ku (Allah), niscaya akan Ku perkenankan bagimu”. Pada ayat tersebut mengisyaratkan kepada manusia untuk selalu menyandarkan segala sesuatu perkara hanya kepada Allah, menggantungkan diri hanya kepada Allah. Pada hakikatnya, manusia diciptakan dengan diberikan akal untuk selalu berpikir dan berusaha. Akan tetapi, semua itu bisa terjadi hanya karena kuasa dari Allah.

  • Berdoa merupakan inti ibadah

Apabila ibadah digambarkan ke dalam struktur manusia, maka berdoa adalah bagian dari otak ibadah. Doa berperan dalam merencanakan, memulai, dan mengevaluasi. Hal ini serupa dengan apabila doa ibarat dengan suatu pekerjaan yang mendapat imbalan atas pekerjaannya. Orang yang berdoa pun akan mendapatkan imbalan, yaitu berupa terkabulnya doa.

  • Doa dapat menolak bala

Hal ini sesuai dengan sabda Rosulullah SAW dalam hadis riwayat Tirmidzi dan Al Hakim, yang artinya “Sesungguhnya doa itu dapat menolak bala yang belum terjadi maupun yang sudah terjadi, maka berdoalah wahai hamba-hamba Allah”. Keutamaan keempat, yaitu Allah akan selalu bersama orang-orang yang berdoa kepada Nya. Dan yang kelima, tidak ada yang dapat menolak takdir Allah selain doa. Hal ini sesuai dengan hadis Rosululloh dalam riwayat Tirmidzi, yang artinya “Tidak ada yang mampu menolak takdir kecuali doa”. Allah akan menyertai hamba-Nya yang senantiasa selalu berdoa kepadanya.

Adab dalam Berdoa

Adapun adab dalam berdoa adalah sebagai berikut.

  1. Mengucapkan pujian kepada Allah sebelum berdoa dan diakhiri dengan mengucapkan sholawat kepada Nabi Muhammad.
  2. Berbaik sangka kepada Allah dan yakin bahwa doa tersebut akan dikabulkan.
  3. Membuat pengakuan dosa kepada Allah yang menunjukkan suatu penghambaan yang sempurna kepada Allah.
  4. Berdoa dengan sungguh-sungguh.
  5. Berdoa secara terus menerus.
  6. Mengulangi doanya sebanyak tiga kali.
  7. Memulai berdoa dengan mendoakan diri sendiri terlebih dahulu.
  8. Memilih berdoa di waktu yang mustajab.

9+ Doa Setelah Sholat Fardhu

Doa setelah sholat fardhu merupakan suatu kumpulan dari beberapa doa seperti doa memohon rezeki, memohon perlindungan, memohon ampunan, doa selamat dunia akhirat, dan lain sebagainya yang dijelaskan sebagai berikut.

Doa Setelah Sholat Fardhu | Nastain

Artinya: Diiringi dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Pujian yang sebanding dengan nikmatNya yang banyak dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu segala puji dan bagimu segala syukur, sebagaimana layak bagi keluhuran dzat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu.

Doa Setelah Sholat Fardhu | Nastain

Artinya : Ya Allah, limpahkan rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan keluarga Nabi Muhammad, yang dengan rahmat itu Engkau akan menyelamatkan kami dari semua bahaya, yang dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan hajat kami, yang dengan rahmat itu Engkau akan membersihkan kesalahan kami, yang dengan rahmat itu Engkau akan menyampaikan kami kepada kesempurnaan semua maksud dari semua kebaikan di kala hidup dan setelah mati, karena sesungguhnya Engkaulah Maha Yang Kuasa atas segala sesuatu.

Doa Setelah Sholat Fardhu | Nastain

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kesejahteraan dalam agama, dunia, dan akhirat, jasad yang sehat, badan yang sehat, tambahan ilmu, rezeki yang bertambah, taubat sebelum datangnya maut, rahmat ketika datangnya maut, ampunan setelah datangnya maut. Ya Allah, berilah kami kemudahan dalam menghadapi sakaratul maut, berilah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat dilaksanakan hisab.

Doa Setelah Sholat Fardhu | Nastain

Artinya: Ya Allah, Sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari sifat lemah, malas, kikir, pikun, dan azab kubur.

Doa Setelah Sholat Fardhu
Doa Setelah Sholat Fardhu | Nastain

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu’, dari nafsu yang tidak pernah puas, dan dari doa yang tidak terkabul.

Doa Setelah Sholat Fardhu
Doa Setelah Sholat Fardhu | Nastain

Artinya: Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami, kedua orang tua kami, para guru kami, orang-orang yang mempunyai hak atas kami, orang yang cinta dan berbuat baik kepada kami, dan seluruh umat Islam.

Doa Setelah Sholat Fardhu
Doa Setelah Sholat Fardhu | Nastain

Artinya: Ya Allah ya Tuhan kami, terimalah sholat kami, puasa kami, ruku’ kami, sujud kami, duduk rebah kami, khusyu’ kami, pengabdian kami, dan sempurnakanlah kelalaian kami dalam menjalankan kewajiban ya Allah, wahai Tuhan Semesta Alam.

Doa Setelah Sholat Fardhu | Nastain

Artinya: Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan di akhirat, serta lindungilah kami dari siksa api neraka.

Doa Setelah Sholat Fardhu | Nastain

Artinya: Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami menyimpang kepada kesesatan setelah Engkau memberi petunjuk kepada kami, dan berilah karunia kepada kami rahmat dari sisi-Mu, karena sesungguhnya Engkau Maha Pemberi Karunia.

Doa Setelah Sholat Fardhu
Doa Setelah Sholat Fardhu | Nastain

Artinya: Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan dosa kedua orang tuaku, serta sayangilah keduanya sebagaimana mereka menyayangi aku di waktu aku masih kecil.

Doa Setelah Sholat Fardhu
Doa Setelah Sholat Fardhu | Nastain

Artinya: Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga beliau, dan sahabatnya, dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut, kita dapat mengetahui bahwa berdoa merupakan salah satu bentuk beribadah kepada Allah SWT. Berdoa dapat dilakukan kapan saja. Akan tetapi, salah satu waktu yang mustajab untuk, yaitu membaca doa setelah sholat fardhu. Adapun beberapa doa yang dapat kita panjatkan setelah sholat fardhu adalah yang telah dijelaskan di atas.

Artikel Terkait

[display-posts category=”ibadah” posts_per_page=”10″]