Fiil Mudhari | Pengertian dan Contoh Kalimat

0
2340
Fiil Mudhari, Pengertian dan Contoh Kalimat lengkap

Fiil Mudhari – Salah satu di antara bentuk fiil yang tiga adalah fiil mudhari, sebelumnya kita telah membahas salah satu di antara tiga bentuk fiil ini yaitu fiil madhi yang bisa anda baca di Fiil Madhi | Pengertian dan contohnya. Jika anda belum paham mengenai fiil madhi, saya sangat menyarankan anda untuk membaca terlebih dahulu artikel tersebut sebelum lanjut ke tahapan ini.

Fiil Mudhari, Pengertian dan Contoh Kalimat lengkap
Pixabay

Pengertian Fiil Mudhari

Fiil mudhari merupakan bentuk kata kerja bahasa arab yang menerangkan kejadian yang sedang berlangsung atu akan berlangsung. Berbeda halnya dengan fiil madhi yang hanya menjelaskan waktu yang telah lampau. Adapun menurut ahli nahwu:
مَادَلَّ عَلَى حَدَثٍ يَقْبَلُ الْحَالَ وَالْاِسْتِقْبَالَ
Adalah semua kejadian yang sedang terjadi maupun yang akan terjadi.

Misalnya kata يقرا (yagrau) artinya dia sedang membaca, kata ini di pakai jika ada seseorang yang sedang membaca atau akan membaca. Adapun jika kegiatan membaca telah di lakukan, maka fiil mudhahri berubah bentuknya menjadi fiil madhi menjadi قرا (qoroa) artinya dia telah membaca.

Untuk membedakan fiil madhi dengan fiil mudhari adalah dengan melihat huruf tambahan di setiapawal katannya disebut sebagai huruf mudaraah yang jumlahnya 4 yaitu: أ-ن-ي-ت jika anda menemukan kata yang huruf awalnya salah satu di antara kata di atas, maka dapat dipastikan bahwa kata tersebut masuk ke dalam fiil mudhari.

Adapun dalam penggunaanya fiil madhi biasanya di ikuti dengan huruf س (sa) dan kata سوف (saufa). Dimana huruf س jika digabungkan dengan salah satu fiil mudhari misalnyaاذهب menjadi ساذهب maka artinya menjadi saya akan pergi sebentar lagi. Adapun jika dihubungkat dengan kata سوف menjadi سوف اذهب maka artinya mejadi saya akan pergi di kemudian hari.

Contoh Fiil Mudhari dalam kalimat

ساذهب الى السكن
Terjemahan: Saya akan pergi ke Asrama.

Penjelasan: huruf س di atas bermakna bahwa kejadiannya akan terjadi sebentar lagi, kemudian fiil mudhori اذهب (Saya akan pergi) dengan menggunkan dhomir (kata ganti) انا “ana” yang berarti Saya adapun huruf الى adalah huruf jar, kemudian kata السكن adalah isim yang bermakna tempat dan keadaanya dalam i’rob adalah majrur (berharakat kasrah) karena masuk padanya huruf jar.

Kemudian contoh berikutnya:

سوف اذهب بادبابة
Terjemaha: Saya akan pergi di kemudian hari dengan mengendarai motor.

Penjelasan: kata سوف di atas memiliki makna bahwa kejadiannya akan berlangsung di kemudian hari, kemudian kata اذهب adalah fiil mudhari dengan dhomir (kata ganti) انا “Saya”.kemudian huruf ب dibaca”bi” merupakan salah satu diantara huruf jar yang paling sering di temui dalam kalimat. Selanjutnya kata ادبابة (motor) adalah isim (kata benda) yang jika di i’rob maka hukumnya adalah majrur karena huruf sebelumnya merupakan huruf jar. Jika anda masih belum terlalu mengerti apa itu huruf jar, anda bisa membaca artikel yang berjudul Pengertian Isim beserta contoh dan ciri cirinya disana saya membahasa sedikit tentang huruf jar. InsyaAllah kedepannya akan Saya bahas dalam satu artikel.

Itulah dua contoh fiil kalimat fiil mudhari beserta penjelasan singkatnya, jika masih bingung, bisa di tanyakan di kolom komenar di bawah ini. Sekian pembahasan kita kali ini mengenai fiil mudhari beserta pengertian dan contohnya. Semoga kita mampu mengambil banyak manfaat dari tulisan ini. Agar kalian tidak ketinggalan materi dan artikel dari blog ini, Anda dapat berlangganan dengan mengisi email anda pada form yang muncul jika anda membaca artikel di blog ini.

Artikel Terkait

[display-posts category=”bahasa arab” posts_per_page=”10″]