Bahasa Arab

Bahasa arab merupakan salah satu dari 3500 jenis bahasa dan menjadi bahasa utama dari 26 negara di dunia. Selain itu, juga menjadi bahasa kedua bagi negara-negara yang mayoritas penduduknya beragam islam karena dianggap sebagai bahasa spiritual islam. Karena hal tersebut, bahasa ini digunakan secara luas di muka bumi disamping penggunaan bahasa Inggirs. Bahasa ini dapat disebut juga sebagai bahasa tertua. Hal tersebut didasarkan pada riwayat para nabi, dimana nabi pertama yaitu Nabi Adam, yang juga merupakan manusia pertama yang diturunkan di bumi, menggunakan bahasa ini. Selain itu, teori juga mengatakan bahwa bahasa ini menjadi sumber dari lahirnya bahasa-bahasa yang lain. Sering kita jumpai ketika mencari pengertian-pengertian suatu istilah, istilah tersebut berasal dari bahasa arab. Hal inilah yang menyebabkan kemungkinan bahwa bahasa ini merupakan bahasa pertama yang ada di bumi ini.

pentingnya bahasa arab
pixabay

Dugaan sebagai bahasa pertama ini diperkuat dengan pendapat Prof. Dr. Tahiyya ‘Abdul ‘Aziz, seorang pengarah buku yang berjudul “Arabic Language the Origin of Languages”, yang menyebabkan bahasa ini menjadi asal-asal bahasa karena memiliki kosa kata yang sangat luas dan setiap hurufnya memiliki simbol, tanda, dan arti tersendiri. Sementara itu, bahasa yang lain miskin akan kosa kata. Misalnya saja dibandingkan dengan bahasa Indonesia yang saat ini telah memiliki kosakata yang terdapat di dalam KBBI sebanyak 127.000 (Paramita, 2016), bahasa ini memiliki kosa kata sebanyak 12.302.915 (azzamaldakhil). Sehingga apabila bahasa lain kekurangan kosa kata mengambil dari bahasa ini. Karena itulah, bahasa ini tetap hidup selama ratusan tahun.

Pentingnya Belajar Bahasa arab

Setiap muslim, baik laki-laki atau perempuan, tua atau muda, diwajibkan untuk terus menuntut ilmu. Terlebih lagi sebagai seorang muslim, dalam rangka mencapai ketenangan dan kebermanfaatan hidup, harus dapat memahami dan mengamalkan Al Quran sebagai kitab suci umat islam dan sunah yang diajarkan oleh Rosulullah dan dipahami oleh para sahabat. Bahasa yang digunakan al-Kitab dan as-Sunnah yang penjelasannya menggunakan bahasa arab. Menurut Ibnu Katsir rahimahullah, bahasa ini digunakan sebagai bahasa Al Quran karena merupakan bahasa yang fasih, paling jelas, paling luas, dan paling banyak pengungkapan makna yang dapat menenangkan jiwa dan bahasa ini adalah bahasa yang mulia. Karena itu, sudah seharusnya bagi seorang muslim untuk mencintai dan menguasai bahasa ini.

Selain itu, Ibnu Taimiyah berpendapat bahwa tidak ada jalan lain dalam memahami dan mengetahui ajaran Islam kecuali dengan bahasa arab. Karena itu, memahami bahasa ini merupakan bagian dari agama. Keterbiasaan menggunakan bahasa ini sebagai alat komunikasi akan dapat mempermudah kaum muslimin dalam memahami dan menegakkan agama Allah. Selain untuk memahami ajaran agama islam, bahasa ini juga dapat digunakan untuk memahami pengetahuan-pengetahuan modern. Dikatakan tersebut karena orang-orang arab sangat berkontribusi pada kemajuan sains, kedokteran, filsafat, matematika, sastra, navigasi, astrologi, dan arsitektur. Pengetahuan tentang bahasa ini akan membantu kita untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan yang luas ini dalam bentuk aslinya sehingga dapat dijadikan dasar untuk mengembangkan pengetahuan tersebut dalam kehidupan modern. Pentingnya belajar bahasa ini bukan hanya dilihat dari sejarahnya saja melainkan juga dapat digunakan untuk menggunakan peluang-peluang bisnis yang tersedia di dunia Arab sebagai hasil perluasan pasar.

Ruang Lingkup Bahasa arab

Adapun ruang lingkup dalam belajar bahasa ini meliputi keterampilan berbahasa dan memahami unsur-unsur kebahasaan.

  1. Keterampilan Berbahasa

Keterampilan berbahasa meliputi kegiatan menyimak, membaca, berbicara, dan menulis. Kegiatan menyimak dapat melatih diri dalam memahami bahasa secara lisan. Kegiatan membaca dapat dapat melatih untuk memahi isi dari suatu wacana atau bacaan. Sementara itu, kegiatan berbicara dapat melatih untuk mengembangkan kemampuan mengungkapkan berbagai fungsi komunikasi bahasa. Serta kegiatan menulis adalah kegiatan untuk mengembangkan kemampuan menyusun kalimat-kalimat yang benar.

  1. Unsur-unsur Kebahasaan

Unsur-unsur kebahasaan meliputi bentuk kata, kosa kata, dan struktur kalimat. Ketiga unsur tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

  1. Bentuk kata

Dalam bahasa Indonesia, kita mengenal istilah seperti kata kerja, kata benda, kata sifat, kata sambung, kata tanya, kata hubung, dan kata-kata yang lainnya. Begitupun juga dengan bahasa ini memiliki banyak istilah yang kurang lebih sama dengan bahasa Indonesia. Hanya saja, bentuk kata dalam bahasa ini bisa dikelompokkan menjadi tiga kelompok besar, yaitu fi’il (kata kerja), isim (kata benda), dan huruf (kata sambung).

  1. Kosa kata

Belajar kosa kata dapat melahirkan suatu ilmu fonologi. Ilmu fonologi ini terdapat pada semua bahasa. Akan tetapi, dalam bahasa ini memiliki ilmu-ilmu lain, seperti rasam (grfologi), bayan (ilmu bahasa), badi (keindahan kata dan makna), ‘arud (pola syair), dan masih banyak lagi.

  1. Struktur kalimat

Seperti bahasa-bahasa yang lainnya, bahasa ini memiliki struktur kalimat yang bervariasi. Kalimat sendiri merupakan suatu susunan dari beberapa kata yang memiliki makna. Dalam bahasa Indonesia, suatu kalimat terdiri dari beberapa unsur, yaitu subjek, predikat, objek, dan keterangan. Suatu kalimat dikatakan sempurna apabila minimal mengandung unsur subjek dan predikat.

Dalam bahasa arab, kalimat dinyatakan dengan kata jumlah. Terdapat dua macam jumlah, yaitu jumlatul fi’liyah dan jumlatul ismiyah. Jumlatul fi’liyah adalah kalimat atau jumlah yang didahului dengan fi’il (kata kerja). Contohnya dalam surat Al Alaq ayat 1, yang berbunyi iqro’ bismirobbikalladzi kholaq. Kata yang mendahului adalah iqro’, yang artinya bacalah!. Disini kata “baca” merupakan jenis kata kerja. Sedangkan jumlatul ismiyah adalah kalimat yang didahului dengan isim (kata benda). Contohnya, alqolamu maksurun, yang artinya pulpen itu rusak. Kata “pulpen” merupakan jenis kata benda.

Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahasa arab merupakan bahasa internasional kedua setelah bahasa Inggris karena penggunaannya yang luas dan penting dipelajari untuk memahami dan mendalami ilmu-ilmu agama dan pengetahuan modern.

Artikel Terkait Dengan Bahasa Arab

Berikut beberapa artikel terkait dengan Bahasa Arab