Materi Kultum Singkat Yang Menarik Bagi Pendengar

0
371
Materi Kultum Singkat Yang Menarik
Materi Kultum Singkat Yang Menarik | Pxhere

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh. Pada kesempatan kali ini Saya akan memberikan Materi Kultum Singkat Yang Menarik yang Insya Allah bermanfaat bagi seluruh pembaca. Topik Materi Kultum Singkat Yang Menarik ada dua yang akan penulis bahas. Yang pertama yaitu mengenai Memahami Petunjuk Illahi Dalam Ekonomi dan Materi Kultum Singkat Yang Menarik mengenai Mengubah Kebiasaan Buruk. Berikut ulasannya.

Materi Kultum Singkat Yang Menarik Pendengar
Materi Kultum Singkat Yang Menarik Pendengar | Pxhere

Materi Kultum Singkat Yang Menarik

“Memahami Petunjuk Illahi”

Tidak ada satu hal yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk menjalani kehidupannya di dunia kecuali pasti dia akan dijelaskan dalam Alqur’an, tidaklah Kami tingalkan satu hal apapun di dalam Al-kitab ( QS Al-an’am 38 ) ; dan Kami turunkan kepadamu Alkitab sebagai penjelas segala sesuatu ( QS An-nahl 59 ).

Apalagi kehidupan ekonomi, dimana tak satupun manusia hidup di muka bumi ini kecuali dia melakukan kegiatan ekonomi sehingga mustahil Allah SWT membiarkan hambaNya tanpa petunjuk dalam melakukan kegiatan ekonomi.

Banyak sekali ayat ayat di dalam Alqur’an yang membicarakan harta benda seperti ayat yang membicarakan transaksi ekonomi dan keuangan, pembelanjaan harta, pekerjaan, shodaqoh, zakat, khoroj, fa’I, usyur, aqad, perjanjian, persaksian, jaminan, gadai, perwakilan, kontrak kerja, riba dsb.

Ayat ayat tersebut mengokohkan kesimpulan bahwa Allah SWT tidak membiarkan manusia melakukan kegiatan ekonominya sesuai hawa nafsunya sendiri sehingga manusia makan harta orang lain dengan batil dan dzolim, yang kuat mendominasi yang lemah. Dan janganlah kalian memakan harta kalian, diantara kalian dengan cara yang batil ( QS Albaqoroh : 188 ).

Jama’ah yang dirahmati Allah SWT.

Beberapa Contoh Ayat Tuntunan Ekonomi Di Dalam Alquran

Karena manusia tidak bisa menghindar dari kegiatan ekonomi maka Allah SWT memberikan tuntunan kepada manusia bagaimana mereka berekonomi. Berikut ini beberapa cotohnya :

  1. Perintah Bermu’amalah dengan yang halal dan baik.

Allah SWT memerintahkan kira dalam QS Almaidah 88 agar kita hanya memakan barang yang halal.

ﻭوﻛﻠﻮﺍا ﻣﻤﺎ ﺭرﺯزﻗﻜﻢ ﷲ ﺣﻼﻝل ﻁطﻴﯿﺒﺎ ) ﺍاﻟﻤﺎﺋﺪﺓة 88 (

Dan makanlah dari apa yang Allah rezeqikan kepada kalian yang halal lagi bai ( QS Almaidah 88).”

Ayat yang serupa juga ada di dalam QS Albaqoroh 168. Dan sebaliknya Allah SWT memerintahkan kepada kita agar menjauhi hal hal yang buruk ( lawan dari baik ) Katakanlah wahai Muhammad bahwa tidak sama antara yang buruk dengan yang baik, meskipun membuatmu takjub banyaknya perkara yang buruk ( QS Almaidah 100 ).

  1. Larangan pemborosan.

Allah SWT memerintahkan kepada kaum muslimin untuk menjauhi tabdzir yaitu membelanjakan harta untuk bermaksiat kepada Allah.

ﻭوﻻ ﺗﺒﺬﺭر ﺗﺒﺬﻳﯾﺮﺍا . ﺍاﻥن ﺍاﻟﻤﺒﺬﺭرﻳﯾﻦ ﻛﺎﻧﻮﺍاﺍاﺧﻮﺍاﻥن ﺍاﻟﺸﻴﯿﺎﻁطﻴﯿﻦ ﻭوﻛﺎﻥن ﺍاﻟﺸﻴﯿﻄﺎﻥن ﻟﺮﺑﻪﮫ ﻛﺎﻓﻮﺭرﺍا ) ﺍاﻻﺳﺮﺍاء 26 ﻭو 27 (

Dan janganlah kamu melakukan pemborosan dengan sebenar benar pemborosan. Sesungguhnya orang orang yang boros adalah teman teman syaithon dan syaithon itu kufur kepada Pemeliharanya.” ( QS Alisro 26 dan 27 ).

Dan sebaliknya Allah memerintahkan agar kita bersahaja dalam membelanjakan harta sebagaimana dalam QS Alfurqon 67.

  1. Larangan menciderai harta orang lain.

Allah SWT melarang kita menciderai harta orang lain.

ﻳﯾﺎﺍاﻳﯾﻬﮭﺎﺍاﻟﺬﻳﯾﻦ ﺍاﻣﻨﻮﺍا ﻻ ﺗﺄﻛﻠﻮﺍاﺍاﻣﻮﺍاﻟﻜﻢ ﺑﻴﯿﻨﻜﻢ ﺑﺎﻟﺒﺎﻁطﻞ ﺍاﻻ ﺍاﻥن ﺗﻜﻮﻥن ﺗﺠﺎﺭرﺓة ﻋﻦ ﺗﺮﺍاﺽض ﻣﻨﻜﻢ ) ﺍاﻟﻨﺴﺎء 29 (

Artinya : Wahai orang orang yang beriman, janganlah kalian makan harta kalian diantara kalian dengan cara yang batil kecuali jika melalui perdagangan yang berdasar kerelaan dari kalian (QS Annisa’ 29 ).

Ayat ayat yang serupa juga ada di QS Albaqoroh 188 dan Annisa 10.

  1. Larangan menimbun

Allah SWT mengecam penimbunan emas dan perak ( alat tukar ) serta tidak membelanjakannya di jalan Allah. Hikmah dari larangan penimbunan emas dan perak adalah agar kegiatan ekonomi tidak berhenti.

. ( 34 ﺍاﻟﺘﻮﺑﺔ ) ﺍاﻟﻴﯿﻢ ﺑﻌﺬﺍاﺏب ﻓﺒﺸﺮﻫﮬﮪھﻢ ﷲ ﺳﺒﻴﯿﻞ ﻓﻲ ﻳﯾﻨﻔﻘﻮﻧﻬﮭﺎ ﻭوﻻ ﻭوﺍاﻟﻔﻀﺔ ﺍاﻟﺬﻫﮬﮪھﺐ ﻳﯾﻜﻨﺰﻭوﻥن ﻭوﺍاﻟﺬﻳﯾﻦ Artinya : Dan orang orang yang menimbun emas dan perak serta tidak membelanjakannya di Jalan Allah maka berilah kabar gembira kepadanya dengan adzab yang pedih (QS Attaubah 34).

Dan nabi juga melarang penimbunan barang perdagangan untuk keuntungan pribadi tapi menyusahkan orang lain.

  1. Perintah menjaga harta

Allah SWT memerintahkan kita untuk menjaga harta sehingga mewajibkan diangkatnya seorang wali untuk menjaga orang yang mempunyai kebutuhan khusus (cacat fikir) agar tidak menyia nyiakan hartanya.

. ( 5 ﺍاﻟﻨﺴﺎء ) ﻣﻌﺮﻭوﻓﺎ ﻗﻮﻻ ﻭوﻗﻮﻟﻮﺍاﻟﻬﮭﻢ ﻭوﺍاﻛﺴﻮﻫﮬﮪھﻢ ﻓﻴﯿﻬﮭﺎ ﻭوﺍاﺭرﺯزﻗﻮﻫﮬﮪھﻢ ﻗﻴﯿﺎﻣﺎ ﻟﻜﻢ ﷲ ﺟﻌﻞ ﺍاﻟﺘﻰ ﺍاﻣﻮﺍاﻟﻜﻢ ﺗﺆﺗﻮﺍاﺍاﻟﺴﻔﻬﮭﺎء ﻭوﻻ Artinya : Dan janganlah kalian memberikan harta kalian kepada orang orang yang bodoh imana Allah jadikan kalian sebagai pengurus dan berilah rezqi kepada mereka dan katakanlah kepada mereka perkataan yang baik ( QS Annisa 5 ).

Dan masih banyak lagi seperti komitmen pada janji dan transaksi ( QS Almu’minun 1 dan Almaidah 1 ), menjaga dokumen transaksi dan kesaksian (QS Albaqoroh 282), larangan riba (Albaqoroh 276 – 281), memberi tempo kepada yang kesulitan membayar hutang, perintah zakat dsb.

Jama’ah yang dirahmati Allah SWT.

Tuntunan ekonomi dari Alqur’an tersebut, mempunyai hikmah yang besar yaitu agar manusia terhindar dari jeratan materialisme dan kedzoliman serta terwujud ketenangan dan kebahagiaan. Wallahu A’lam. Semoga materi kultum yang pertama ini bermanfaat bagi kita semua.

Materi Kultum Singkat Yang Menarik
Materi Kultum Singkat Yang Menarik | Pxhere

“Mengubah Kebiasaan Buruk”

Kaum Muslimin yang berbahagia.

Kita semestinya harus mempersiapkan diri dan keluarga lahir batin untuk menyambut tamu yang agung, yaitu bulan suci Ramadhan. Bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan itu. Diantaranya adalah kita perlu melakukan introspeksi, apa saja kebiasaan buruk yang dapat merusak puasa dan pahala puasa kita nantinya. Kemudian kita lakukan pembenahan secara bertahap.

Ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak pahala puasa kita. Dalam menunaikan ibadah puasa nanti, jangan sampai kita hanya mendapatkan lapar dan dahaga. Namun sama sekali tidak mendapatkan pahalanya. Diantara hal-hal yang dapat merusak pahala puasa adalah lisan yang berkata dusta dan menyebarkan isu negatif orang lain (ghibah) serta tidak dapat menjaga makanan dan minuman yang haram dan meragukan.

Tentunya mengubah kebiasaan buruk tidak dapat dilakukan semudah membalikkan telapak tangan. Merubah kebiasaan buruk itu perlu proses. Selama kita memiliki kemauan, konsistensi, dan komitmen untuk berubah, maka perubahan itu akan terjadi sedikit demi sedikit kepada kita.

Banyak cara yang dilakukan seseorang dalam mengoreksi dan mengubah dirinya. Namun seringkali karena salah cara maka keinginan itu hanya menjadi wacana belaka dan tidak ada perubahan yang terjadi.

Salah satu cara ampuh untuk siapa saja yang benar-benar ingin mengubah kebiasaan buruk adalah dengan membuat “Kartu Komitmen”. Caranya, cukup siapkan 1 kertas kecil yang tebal dan tidak mudah lecek lalu tulis maksimal 3 keinginan anda yang paling ingin kita ubah. Sesuatu yang tidak jauh dari diri kita sendiri.  Jangan kita coba mengubah diri  kita sendiri dengan mencontoh orang lain. Karena hal ini akan membuat apa yang kita tuliskan di kartu komitmen menjadi tidak akan terwujud karena sangat bertentangan dengan diri kita.

Selain itu penuhi diri kita dengan komitmen tinggi, integritas, konsistensi, dan kesungguhan. Karena tanpa itu semua perubahan tidak akan pernah terjadi, jika kita sudah membuat janji atau komitmen untuk diri kita sendiri atau kepada orang lain maka tepatilah janji atau komitmen itu. Karena saat kita tidak memenuhi komitmen kita maka orang lain akan kehilangan kepercayaan kepada kita. Walhasil, kita akan kehilangan kepercayaan diri kita sendiri.

Selain itu cukuplah tulis 3 saja, fokuslah pada 3 hal itu selama 30 hari. Bacalah tiap saat kita punya waktu untuk membacanya. Dengan begitu maka kita tidak akan lupa dan lama-kelamaan akan membuat kita melakukan sesuai apa yang kita tuliskan di dalam Kartu Komitmen.

Jama`ah yang berbahagia

Perubahan itu bertahap. Lakukan step by step dan nikmati prosesnya. Apabila kita memiliki banyak keinginan kecil yang ingin kita ubah jangan menulis semua yang kita inginkan di kartu komitmen melebihi 3 hal. Jika lebih, biasanya akan susah bagi kita untuk bisa mengubah semuanya, malahan akan membuat kita jadi kewalahan dan akhirnya tidak melaksanakan satupun. Oleh karena itu kita cukup mulai dengan 3 hal kecil, fokuslah telebih dahulu untuk mengubah 3 hal tersebut. Barulah setelah 3 hal tersebut berhasil kita ubah kita lanjutkan dengan 3 hal berikutnya. Lama kelamaan jika terus dilakukan kita akan

menjadi semakin percaya diri karena kekurangan-kekurangan dan problem yang kita miliki akan terus berkurang.

Hal kecil yang kita tuliskan haruslah benar-benar kita jalankan. Harus menggabungkan antara tulisan di kartu komitmen dan menjalaninya. Hal yang kita tuliskan bisa dari perenungan kita atau saran dari orang-orang di sekitar kita. Hal yang kita tuliskan tidak harus hal yang bersifat besar, cukup hal kecil. Contoh seperti : komitmen untuk (1) berkata jujur. (2) Tidak tidur setelah sahur agar dapat sholat subuh berjamaah di masjid selama bulan Ramadhan. (3) Memberikan buka puasa kepada orang lain meskipun hanya beberapa biji kurma. Lakukan perubahan kecil dan yakinlah peubahan kecil tersebut akan membawa dampak yang besar.

Kartu komitmen tidak hanya berfokus untuk membenahi diri sendiri tapi juga bisa untuk memberikan manfaat kepada orang sekitar. Namun akan lebih baik jika sembari memberikan manfaat kepada orang lain, kita melakukan proses membenahi diri sendiri.

Kartu komitmen ini tidak perlu ditunjuk-tunjukkan ke orang lain. Apalagi bila isi dari kartu komitmen itu hal yang negatif diri kita yang akan kita ubah ke arah positif. Karena kadang hanya akan menimbulkan celaan menyebabkan mengurangi semangat dalam menjalankan apa yang kita tuliskan di dalam kartu komitmen tersebut. Kemudian tulisan yang harus kita tulis di kartu tersebut, harus mengandung kata-kata positif dan jangan sekali menggunakan kata “tidak” atau “jangan” karena otak kita tidak merekam 2 kata negatif tersebut. Contoh: “Saya tidak akan menyakiti orang lain.” Otak akan membaca,”Saya akan menyakiti orang lain”. Gunakan kata-kata yang positif seperti: “Menyakiti orang lain akan membuat  saya  memiliki banyak musuh. Maka mulai hari ini saya berkomitmen akan berusaha sebisa mungkin menjaga lisan dan perilaku saya agar tidak menyakiti orang lain”.

Pada intinya kartu komitmen adalah alat yang membantu kita untuk membenahi hal yang kurang baik dari diri kita, hal kecil yang benar-benar ingin kita rubah dari diri kita. Dilakukan dengan penuh komitmen, integritas, kemauan, dan kesungguhan untuk merealisasikan keinginan tersebut. Kita harus mulai memperhatikan hal-hal kecil jangan hanya berfokus pada hal-hal besar. Karena hal-hal kecil pun berpotensi menghasilkan suatu yang besar. Seperti saat kita membangun sebuah rumah, kita tidak hanya memerlukan sesuatu yang besar seperti bata, besi, dsb. Namun juga membutuhkan sesuatu yang kecil seperti pasir dan semen, yang menguatkan dan menyempurnakan bangunan tersebut.

Yakinlah, jika kita menjalankan apa yang sudah ditulis dalam kartu komitmen tersebut selama 30 hari ke depan, kebiasaan buruk kita akan semakin terminimalisir bahkan dapat dihilangkan dan berubah menjadi kebiasaan yang baik. Ketika dulu diantara kita biasa menggosip atau memperbincangkan keburukan orang lain, mudah berkata bohong dan tidak peduli pada kehalalan yang kita makan atau kita minum namun setelah menjalankan kartu Komitmen selama 30 hari ke depan kebiasaan buruk tersebut sedikit demi sedikit akan berkurang bahkan dapat dihilangkan.

Dengan menjalankan secara bertahap apa yang ada dalam kartu Komitmen bisa jadi kita menjadi mempunyai kebiasaan baik. Perbincangan kita tidak lagi mengenai keburukan orang lain, tapi mendiskusikan pemecahan masalah warga masyarakat sekitar kita. Kebohongan berubah menjadi kejujuran namun tetap cerdas dalam penyampaian. Kita pun akan semakin peduli pada kehalalan dan kualitas apa yang kita makan dan minum itu baik untuk kesehatan kita.

Demikian Materi Kultum Singkat Yang Menarik. Semoga kita semua bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi. Semoga Bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here