Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja / Resgin Format dengan Alasan yang Baik dan Sopan

0
501
Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja
Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja | Pixabay

Terdapat banyak sekali alasan bagi seorang karyawan untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat ia bekerja, diantaranya alasan karena lingkungan yang kurang sesuai dengan kepribadian diri, karena mengikuti suami bagi yang sudah menikah, karena ingin melanjutkan kuliah lagi, karena gaji yang tidak sesuai, karena masalah kesehatan yang tidak kunjung membaik, dan lain sebagainya. Pengunduran diri tersebut harus dilakukan secara beretika. Tidak dengan meninggalkan begitu saja perusahaan tempat bekerja. Cara mengundurkan diri yang baik yaitu dengan membuat surat pengunduran diri. Berikut akan dibahas mengenai contoh surat pengunduran diri kerja. Akan tetapi, sebelum membahas lanjut mengenai hal tersebut, perlu kita ketahui mengenai tujuan surat pengunduran diri, alasan-alasan yang baik, benar, realistis, dan profesional dalam mengundurkan diri, dan format surat pengunduran diri.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja
Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja | Pixabay

Tujuan Surat Pengunduran Diri Kerja

Surat pengunduran diri sendiri merupakan surat penting yang digunakan ketika memutuskan keluar dari sebuah pekerjaan atau instansi karena alasan tertentu. Adapun tujuan dari surat pengunduran diri kerja, yaitu sebagai berikut.

  1. Supaya terlihat tetap profesional dalam bekerja. Meskipun akan mengundurkan diri, nilai-nilai kesopanan dalam hidup tetap harus ditekankan. Oleh karena itu, ketika akan mengundurkan diri dari suatu instansi atau pekerjaan tidak boleh langsung menghilang begitu saja. Pengunduran diri tanpa memberikan surat pengunduran diri merupakan hal yang tidak baik karena akan dicap sebagai pekerja yang tidak profesional. Selain itu, hal tersebut akan berdampak buruk yang panjang bagi pekerja. Bisa saja nantinya perusahaan akan berbicara buruk tentang pekerja tersebut kepada perusahaan baru penerima kerja. Adanya surat pengunduran diri akan membuat perusahaan menilai pekerja sebagai orang yang menjunjung profesional dan bertanggung jawab.
  2. Memberikan waktu kepada perusahaan untuk mencari kandidat baru sebagai pengganti. Hal ini tentu menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan supaya tidak terjadi kekosongan posisi kerja yang akan berdampak pada menurunnya tingkat produktivitas perusahaan. Karena itulah, surat pengunduran diri ini perlu dibuat beberapa bulan sebelum waktu pengunduran diri. Hal tersebut menunjukkan bahwa pekerja menghargai perusahaan tempat bekerja dengan memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk mencari penggantinya.

Alasan-Alasan Yang Baik, Benar, Realistis, Dan Profesional Ketika Mengundurkan Diri

Surat pengunduran diri yang diajukan haruslah bersifat logis dan masuk akal supaya dapat diterima dengan baik oleh perusahaan. Selain itu, supaya tidak memunculkan rasa tersinggung mengenai keputusan pengunduran diri yang dibuat. Jangan sampai seseorang melakukan pengunduran diri dari sebuah perusahaan dengan alasan bosan karena hal itu akan menurunkan reputasi orang tersebut. Adapun beberapa alasan yang baik, benar, realistis, dan profesional yang dapat digunakan untuk mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan adalah sebagai berikut.

  1. Honor yang jauh dari standar gaji.
  2. Akan meneruskan studi pendidikan untuk jenjang karier.
  3. Mengikuti suami/istri karena pindah dari alamat asal.
  4. Mengasuh anak karena tidak bisa ditinggalkan.
  5. Karena hendak memulai usaha sendiri.
  6. Deskripsi pekerjaan yang telah disepakati tidak sesuai.
  7. Kondisi kesehatan yang tidak kunjung membaik sehingga menuntut untuk mundur.
  8. Adanya aturan perusahaan yang merugikan karyawan.
  9. Waktu jam kerja melebihi dari standar jam kerja pada umumnya.
  10. Adanya persaingan yang tidak sportif.
Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dengan Alasan
Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dengan Alasan | Google Images

Adapun alasan yang kurang tepat digunakan dalam surat mengundurkan diri antara lain sebagai berikut.

  1. Karena tidak suka dengan rekan kerja yang sombong.
  2. Karena atasan yang terlalu otoriter.
  3. Karena iri terhadap karyawan lain yang proses naik jenjangnya lebih mudah.
  4. Karena cintanya di tolak oleh karyawan lain yang disukai.
  5. Karena difitnah oleh rekan kerjanya.
  6. Karena tidak ada tempat makan dan jauh dari air.
  7. Karena adanya mantan kekasih yang sudah menikah.
  8. Karena makanan kantor yang tidak enak.

Format Surat Pengunduran Diri Kerja

Format surat pengunduran diri kerja sangatlah sederhana. Bahkan semakin sederhana surat pengunduran diri semakin baik. Akan tetapi, dalam penyajiannya tetap harus memperhatikan etika karena sebenarnya pengunduran diri seseorang merupakan hal yang kurang disukai oleh perusahaan mana pun. Adapun poin-poin yang perlu ada di dalam surat pengunduran diri adalah sebagai berikut.

  1. Tanggal, dan tempat dimana surat tersebut dibuat yang biasanya terletak di bagian kanan atas surat.
  2. Nama dan alamat tujuan surat yang bisa terletak di sebelah kanan atau kiri atas. Akan tetapi, biasanya terletak di bagian kiri atas.
  3. Isi dari surat pengunduran diri tersebut yang juga berisi alasan pengunduran diri.
  4. Nama terang yang disertai dengan tanda tangan di atas materai oleh pembuat surat tersebut.
Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang baik dan benar
Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang baik dan benar | Google Images

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan dengan Alasan

Berikut ini adalah terdapat beberapa contoh surat pengunduran diri kerja.

  1. Contoh surat pengunduran diri yang sederhana dan simpel dengan tetap mengedepankan kesopanan dan etika

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Devina Permatasari

Tempat, tanggal lahir : Malang, 5 Desember 1993

Jabatan : Sekretaris Desa

Dengan ini, saya secara resmi mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai Sekretaris desa terhitung sejak tanggal 11 Juni 2017. Pengunduran diri ini saya ajukan karena saya ingin melanjutkan studi magister. Mohon maaf apabila selama menjabat sebagai sekretaris desa, terdapat sikap atau kata-kata saya yang kurang berkenan di hati. Demikian surat ini saya buat, harap maklum dan terima kasih.

 

Malang, 23 April 2017

Yang Menyatakan

Materai 6000

Devina Permatasari

 

  1. Contoh surat pengunduran diri yang lebih kompleks dan lengkap

SURAT PERMOHONAN PENGUNDURAN DIRI

Banyuwangi, 2 Januari 2017

 

Kepada Yth,

Kepala Cabang J&T Express Banyuwangi

Jl. Ahmad Yani, No. 32, Jajag, Banyuwangi

 

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, Budi Santoso mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi sebagai Kurir Delivery terhitung sejak tanggal 2 Maret 2017. Saya secara pribadi mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan oleh PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi kepada saya untuk bekerja sebagai Kurir Delivery di J&T EXPRESS Cabang Banyuwangi selama kurang lebih 1 tahun ini. Tidak lupa pula saya ucapkan minta maaf kepada jajaran manajemen PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi. Saya juga sangat berharap perusahaan ini menjadi perusahaan yang terus maju dan sukses menjadi perusahaan yang terbaik di Indonesia.

 

 

Hormat saya,

Materai 6000

Budi Santoso

  1. Contoh surat pengunduran diri karyawan

Semarang, 1 Maret 2016

 

Kepada

Yth. HRD Manager

PT. Suka-Suka

Jl. Ungaran 1, Semarang

 

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya sebagai Manager Proyek di PT. Suka-suka, berdasarkan keputusan direksi, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Satria Arif

Departemen : Pengembangan dan Riset

Jabatan : Manajer Proyek

ID Karyawan : SSP-2266

Berniat untuk menyampaikan pengunduran diri saya dari jabatan Manajer Proyek terhitung sejak tanggal 10 Juni 2016. Saya mengucapkan terima kasih sebelumnya atas dukungan dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya selama ini. Semua pelajaran yang saya dapatkan dari perusahaan ini akan membantu saya menjadi seorang yang lebih profesional lagi. Saya sampaikan juga permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran direksi PT. Suka-suka beserta dengan rekan-rekan di Departemen Pengembangan dan Riset jika selama ini banyak kesalahan baik sengaja maupun tidak disengaja yang telah saya lakukan.

Demi kelancaran tugas jabatan manajer proyek, saya bersedia membantu hingga masa transisi berjalan. Semoga kedepannya PT. Suka-suka bisa terus berkembang dengan lebih baik lagi.

 

Hormat saya,

Satria Arif

Contoh Format Surat Pengunduran Diri Kerja
Contoh Format Surat Pengunduran Diri Kerja | Google Images
  1. Contoh surat mengundurkan diri dari pegawai hotel

Jember, 4 Juli 2017

Kepada

Yth. Kepala Bagian HRD

Hotel Indah

Jl. Bangsa Merdeka

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Jelita Putri Dewi

Tempat, tanggal lahir : Situbondo, 25 Januari 1993

Alamat : Situbondo

Jabatan : General Accounting Hotel Indah

Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung sejak tanggal 6 Agustus 2017 dengan alasan ingin mendirikan usaha sendiri sesuai dengan cita-cita saya selama ini. Segala hal yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab sebagai General Accounting Hotel Indah, akan saya laksanakan hingga masa pengunduran saya.

Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya saya ucapkan kepada segenap pimpinan dan semua karyawan yang selama ini membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan ini. Saya juga memohon maaf karena tidak dapat lagi menjadi bagian dari perusahaan Hotel Mimpi serta atas segala kesalahan saya selama bekerja.

Demikianlah surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada tekanan serta paksaan dari pihak mana pun. Atas pengertiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Jelita Putri Dewi

  1. Contoh surat pengunduran diri guru SMK

Bondowoso, 28 September 2018

Kepada Yth.

Kepala SMK PP Tegal Ampel Bondowoso

Jl. Jember-Bondowoso

Bondowoso

 

Perihal : Pengunduran Diri

 

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Supardi, STP., Gr.

Tempat, tanggal lahir : Jember, 29 Januari 1980

Jabatan : Guru Produktif Pengolahan Hasil Pertanian

NIP : 7124991240194121

Alamat : Jl. Ahmad Yani, Jember

Secara resmi menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai Guru Produktif Pengolahan Hasil Pertanian di SMK PP Tegal Ampel Bondowoso terhitung sejak tanggal 1 Bulan Oktober 2018.

Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kesempatan yang telah diberikan oleh pihak SMK PP Tegal Ampel Bondowoso, dimana saya dapat bekerja serta mengajar siswa-siswi. Tidak lupa pula saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada jajarankomite, guru, serta staf-staf SMK PP Tegal Ampel Bondowoso apabila selama saya bekerja di sini terdapat hal-hal yang tidak baik serta kurang berkenan.

Besar harapan saya bahwa SMK PP Tegal Ampel Bondowoso bisa menjadi sekolah kejuruan yang terus berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik. Serta terus melahirkan bibit-bibit unggul penerus bangsa.

Hormat saya,

Supardi, STP., Gr.

NIP. 7124991240194121

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Resign Resmi
Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Resign Resmi | Google Images

Kesimpulan

Berdasarkan uraian tersebut, dapat diketahui bahwa terdapat banyak contoh surat pengunduran diri kerja yang dapat digunakan sebagai referensi. Meskipun begitu, di dalam contoh-contoh tersebut tetap menekankan etika dan kesopanan untuk menghindari adanya kesalahpahaman sehingga menyebabkan pihak perusahaan atau instansi tersinggung atas pengunduran diri karyawannya.