5+ Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja yg Baik dan Benar

0
638
Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja
Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja | Pixabay

Bekerja di suatu instansi atau perusahaan tentunya dituntut untuk tertib dalam bekerja. Sebagai karyawan atau pegawai yang baik, sudah seharusnya dan berkewajiban untuk mematuhi semua peraturan yang telah ditetapkan oleh instansi atau perusahaan tempat bekerja. Hal tersebut mencerminkan bentuk profesional dalam bekerja. Apabila terpaksa harus meninggalkan pekerjaan karena ada alasan tertentu, maka sebagai seorang pegawai perlu membuat surat izin tidak masuk kerja. Berikut akan di bahas mengenai contoh surat izin tidak masuk kerja.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja
Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja | Pixabay

Ketika meminta izin untuk tidak masuk kerja, izin lisan saja tidaklah cukup. Seorang pegawai harus memberikan surat izin tidak masuk kerja pada atasannya atau pada bagian personalia/HRD perusahaan. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai contoh surat izin tidak masuk kerja, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat izin tidak masuk kerja

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat izin tidak masuk kerja, adalah sebagai berikut.

  1. Menyebutkan secara jelas identitas dan jabatan supaya pimpinan dapat mengetahui pegawai yang meminta izin tersebut. Hal ini dimaksudkan supaya selama izin tidak masuk kerja, pekerjaan yang semula dilakukan oleh pegawai tersebut sementara waktu bisa dialihkan pada pekerjaan yang lainnya.
  2. Menyebutkan alasan tidak dapat masuk kerja secara jelas. Alasan tersebut harus benar-benar sesuai dengan keadaan yang terjadi, logis, dan tidak dibuat-buat. Hal ini memiliki tujuan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Jika ternyata seorang pegawai berbohong dengan alasan tertentu dan ketahuan, bisa jadi ia diberi izin libur selamanya alias diberhentikan dari pekerjaannya.
  3. Apabila alasan tidak masuk kerja karena sakit, pegawai atau pekerja tersebut dapat menyertakan surat keterangan sakit dari dokter atau tempat ia dirawat. Hal ini berguna untuk tanda bukti bahwa pegawai atau pekerja tersebut benar-benar sakit dan membutuhkan waktu untuk beristirahat. Surat ini juga dapat digunakan untuk meyakinkan kepada pimpinan perihal sakit yang dialami. Biasanya di dalam surat ini juga dicantumkan berapa lama harus beristirahat, yang dapat dijadikan acuan untuk menentukan lamanya waktu meminta izin tidak masuk kerja.
  4. Menyampaikan waktu yang pasti tentang lamanya pegawai tersebut mendapatkan izin untuk tidak masuk kerja. Ketika waktu izin telah berakhir, maka seorang pegawai harus siap untuk masuk kerja kembali. Penyampaian waktu ini dapat digunakan oleh pimpinan untuk menentukan berapa lama pekerjaan kita akan dilimpahkan kepada karyawan lain.
  5. Dalam menulis surat tidak masuk kerja, harus menggunakan kata-kata yang sopan, baik, dan tidak bertele-tele. Penyampaian surat tidak masuk kerja secara lugas dan tepat sasaran akan lebih baik.

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Terdapat beberapa tahapan dalam membuat surat izin tidak masuk kerja, yaitu sebagai berikut.

  1. Menuliskan tanggal izin kerja secara jelas supaya tim HRD atau personalia di perusahaan atau instansi dapat mencatat tanggal izin kerja. Sehingga dengan begitu pekerjaan yang ditinggal dapat dialihkan kepada rekan kerja yang lain.
  2. Menuliskan identitas dengan jelas mulai dari nama lengkap, jabatan atau divisi kerja, dan nomor induk karyawan. Hal ini memiliki tujuan supaya HRD atau personalia dapat mendata izin dengan jelas. Apabila terdapat nama yang sama dalam suatu perusahaan, nomor induk karyawan dapat dimanfaatkan sebagai pembeda.
  3. Menuliskan alasan izin tidak masuk kerja yang menjadi bagian yang paling penting. Pada bagian ini dapat menentukan apakah surat izin kerja tersebut dapat diterima atau tidak. Seperti yang dijelaskan pada ulasan sebelumnya, alasan tidak masuk kerja harus ditulis secara logis, masuk akal, dan tidak mengada-ada. Meskipun surat izin tidak masuk kerja ditulis oleh pribadi atau perorangan, surat ini akan diterima oleh perusahaan. Oleh karena itu, dalam membuat surat izin tidak masuk kerja bentuknya harus resmi dan tidak seperti surat non formal.
  4. Menuliskan waktu izin tidak masuk kerja atau durasi izin tidak masuk kerja. Dengan begitu bagian personalia atau HRD bisa mengetahui tugas yang ditinggalkan selama tidak masuk kerja.

Contoh surat izin tidak masuk kerja

Setelah mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan serta cara membuat surat izin tidak masuk kerja, berikut ini terdapat beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Lengkap
Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Lengkap
  1. Surat izin tidak masuk kerja dengan alasan anak sakit

Surat ini secara tidak langsung akan memberitahukan kepada rekan kerja atau pimpinan kerja untuk mengunjungi atau menjenguk kita jika memang sakit yang dialami memang sangat parah dan benar-benar tidak bisa ditinggalkan sehingga perlu juga dicantumkan alamat dimana anak yang sakit dirawat. Contoh surat ini dapat disajikan sebagai berikut.

Yth.

Kepala Bagian HRD PT Makmur Sentosa

Jl. Pancing 101, Pasuruan

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Sutrisno

Nomor Induk : 6620

Alamat : Jl. Merdeka Bro, No. 03, Pasurusan

Jabatan : Operator Produksi

Melalui surat ini saya bermaksud untuk memohon izin kepada Bapak/Ibu Kepala HRD untuk tidak masuk kerja selama 2 hari terhitung sejak surat ini dikirim dikarenakan harus mengurus anak yang sedang sakit tifus di Rumah Sakit. Di dalam surat ini saya sertakan pula surat keterangan hasil pemeriksaan kesehatan RSU Bhayangkari Pasuruan.

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan. Atas perhatian, maklum, dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

 

Pasuruan, 12 April 2018

Hormat saya,

Sutrisno

  1. Surat izin tidak masuk kerja dengan alasan sakit

Surat ini dibuat karena pekerja yang mengajukan izin sedang sakit. Di dalam menulis surat ini, perlu diperhatikan beberapa informasi penting seperti alasan mengapa tidak bisa datang ke tempat kerja. Selain itu, mencantumkan permohonan maaf tidak bisa masuk kerja juga perlu dicantumkan pada surat ini. Kemungkinan besar, pihak HRD atau personalia akan langsung mencari pengganti yang akan menggantikan pekerjaan orang yang bersangkutan jika orang tersebut bekerja pada bagian yang penting pada perusahaan. Contoh surat ini dapat disajikan sebagai berikut.

 

Kepada yang terhormat,

Kepala Bagian Personalia

PT. Maju Makmur Sentosa

Jl. Pancing 102, Pasuruan

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Nur Aisyah

Nomor Induk : 6780

Alamat : Jl. Kenangan No. 02 Pasuruan

Jabatan : Kepala divisi PPIC

 

Bersama dengan surat ini saya meminta izin kepada Bapak/Ibu Kepala Bagian Personalia untuk tidak dapat masuk kerja selama tiga hari terhitung sejak surat ini diserahkan dikarenakan sedang sakit dan dirawat di Rumah Sakit. Sebagai bukti berikut saya lampirkan surat keterangan dari Rumah Sakit Adi Sucipto, Porong.

Demikian permohonan ini saya sampaikan. Mohon maaf sebelumnya dan atas perhatian serta kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

 

Pasuruan, 13 Desember 2017

Hormat saya,

 

Nur Aisyah

  1. Surat izin tidak masuk kerja dengan alasan ada urusan keluarga

Urusan keluarga dalam hal ini bisa berarti bermacam-macam, seperti ada hajatan pernikahan, khitanan, reuni keluarga besar, dan lain sebagainya. Hal yang tidak boleh dilewatkan dalam membuat hal ini adalah mencantumkan berapa lama tidak bisa masuk kerja serta menyampaikan permohonan maaf karena tidak dapat masuk kerja. Alangkah lebih baik di dalam surat ini mencantumkan alasan yang jelas, bukan hanya menuliskan berupa alasan urusan keluarga. Hal ini dimaksudkan supaya pihak personalia/HRD tidak sampai bertanya-tanya mengenai alasan tidak masuk kerja. Contoh surat ini dapat disajikan sebagai berikut.

Banyuwangi, 1 September 2018

Hal : Surat Izin Tidak Masuk Kerja

 

Yth. Kepala Divisi Human Resource

PT. Samudera Seafood Lautan Luas

Di Banyuwangi

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Putri Ayu

Nomor Induk : 7890

Jabatan : Purchasing staff

Alamat : Jl. Baik-baik Saja No. 5, Kota Banyuwangi

 

Memohon izin kepada Bapak/Ibu Kepala Divisi Human Resource untuk tidak masuk kerja pada tanggal 9 September 2018 dikarenakan ada urusan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan, yaitu mengurusi persiapan pernikahan di KUA.

Demikian surat izin ini saya buat. Sebelumnya saya mengucapkan mohon maaf dan atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Putri Ayu

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja yg Baik dan Benar
Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja yg Baik dan Benar | Pixabay
  1. Surat izin tidak masuk kerja PNS

Sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil, harus bisa menjadi pegawai yang tertib. Oleh karena itu, ketika tidak dapat masuk kerja juga harus membuat surat izin tidak masuk kerja. Berikut adalah contoh surat tidak masuk kerja untuk seorang PNS.

 

Wongsorejo, 4 September 2018

Hal : Permohonan izin tidak masuk kerja

Lampiran : 1 Lembar

 

Yang terhormat,

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi

Di tempat

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap : Marta Dinata

NIP : 1971030819971032002

Pangkat/Gol. Ruang : Pembina III/a

Jabatan : Staff Bidang Riset dan Pengembangan

Alamat : Jl. Ahmad Yani, No. 3, Wongsorejo

Dengan ini saya memberitahukan bahwa pada hari Kamis, 6 September 2018 hingga Sabtu, 8 September 2018 saya tidak bisa masuk untuk bekerja seperti biasa dikarenakan ada urusan keluarga yang mengharuskan untuk pergi keluar kota selama 3 hari. Berhubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk memohon izin tidak masuk kerja.

Demikian surat ini saya sampaikan. Mohon maaf sebelumnya dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Marta Dinata

  1. Surat izin guru tidak masuk mengajar

Menjadi seorang guru perlu untuk terus mengembangkan potensi diri yang ada padanya. Salah satu bentuk pengembangan potensi diri bagi seorang guru yaitu dengan mengikuti kursus singkat atau melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperluas wawasannya. Biasanya untuk melakukan hal tersebut, membutuhkan waktu yang lebih lama. Tidak hanya satu hari atau dua hari. Berikut ini adalah contoh surat permohonan cuti bagi seorang guru.

 

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh

Dengan hormat, yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Puji Lestari

NIP : 198109122011091002

Pangkat/gol: Pembina II/a

Jabatan : guru produktif

Bermaksud mengajukan permohonan cuti untuk tahun 2017 hingga 2018 terhitung mulai tanggal 27 Agustus 2017 sampai 30 Agustus 2018. Cuti yang diambil yaitu cuti belajar.

Demikian surat permohonan ini saya buat untuk bisa dipertimbangkan sebagaimana mestinya.

Hormat saya,

Puji Lestari

NIP. 198109122011091002

Catatan Pejabat Kepegawaian: catatan pertimbangan atasan langsung

Cuti yang telah diambil dalam

Tahun bersangkutan:

Cuti alasan penting

Usulan ini disetujui oleh

Kepala Sekolah

SMK 3 Wongsorejo

Nur Iman

NIP. 196902021988011001

Demikian contoh surat izin tidak masuk kerja yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi. Berdasarkan uraian di atas, dapat kita ketahui bahwa terdapat berbagai macam alasan yang menyebabkan seseorang tidak dapat masuk kerja. Sebagai pekerja yang baik, ketika tidak dapat masuk kerja, membuat surat izin tidak masuk kerja merupakan bentuk profesionalitas dalam bekerja.