Contoh Surat Pengalaman Kerja Yang Baik dan Benar

0
1053
Contoh Surat Pengalaman Kerja yang baik dan benar
Contoh Surat Pengalaman Kerja yang baik dan benar | Pixabay

Surat pengalaman kerja biasanya didapatkan oleh mereka yang sudah pernah bekerja di suatu perusahaan dalam waktu tertentu kemudian berhenti atau mengundurkan diri. Surat ini sangatlah penting dan dapat digunakan sebagai lampiran surat lamaran kerja di perusahaan baru ataupun proses pencairan saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan. Oleh karena itulah, setiap karyawan yang mengundurkan sebaiknya diberikan surat tersebut. Berikut ini terdapat beberapa contoh surat pengalaman kerja yang biasanya diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya yang memutuskan untuk berhenti bekerja atau mengundurkan secara baik-baik. Namun sebelum membahas mengenai hal tersebut, terdapat beberapa hal yang perlu diketahui tentang surat pengalaman kerja, seperti fungsi surat pengalaman kerja, dan cara penulisan surat pengalaman kerja.

Contoh Surat Pengalaman Kerja
Contoh Surat Pengalaman Kerja | Pixabay

Fungsi / Manffat Surat Pengalaman Kerja

Adapun fungsi surat pengalaman kerja sendiri, yaitu surat pengalaman kerja dibutuhkan oleh seseorang yang akan melamar pekerjaan baru. Terdapat beberapa perusahaan yang mengkhususkan calon pegawainya untuk mencantumkan surat pengalaman kerja sebagai syarat melamar pekerjaan. Dengan kata lain, surat ini adalah sebagai dokumen penunjang saat seseorang melamar kerja di perusahaan lain. Surat pengalaman kerja ini dapat menjadi bukti bahwa orang tersebut pernah bekerja di perusahaan tersebut. Surat ini hanya akan dikeluarkan oleh perusahaan untuk karyawan yang keluar secara baik-baik saja. Surat pengalaman kerja ini akan sangat berguna untuk meyakinkan bagian personalia atau HRD bahwa pelamar tersebut telah memiliki pengalaman kerja dan mempunyai catatan riwayat kerja yang baik pada perusahaan sebelumnya. Adanya surat pengalaman kerja ini bisa membuat pelamar memiliki kesempatan besar untuk bisa mendapatkan pekerjaan di bidang yang sama.

Cara Membuat Surat Pengalaman Kerja

Sebenarnya bukanlah hal yang sulit dalam membuat surat pengalaman kerja. Hanya saja perlu diperhatikan susunan kalimatnya supaya tersusun dengan rapi, singkat, dan jelas. Dalam penulisannya perlu diperhatikan pula format penulisan dan tata bahasa yang baik dan benar supaya terkesan formal dan menjual. Pada umumnya cara membuat surat pengalaman kerja ini hampir sama dengan menulis surat resmi biasa. Adapun susunan format penulisan surat pengalaman kerja adalah sebagai berikut.

  1. Kop Surat yang berisi identitas perusahaan seperti nama perusahaan, alamat, dan nomor telepon serta website atau email jika ada. Bagian ini juga bisa disebut bagian kepala surat.
  2. Judul surat, yaitu kalimat Surat Pengalaman Kerja atau Surat Keterangan Pengalaman Kerja.
  3. Nomor surat / dokumen sesuai dengan format perusahaan.
  4. Nama pembuat surat dan jabatan. Dalam hal ini nama pembuat surat adalah pihak HRD atau personalia.
  5. Nama karyawan yang berhenti bekerja dan jabatan.
  6. Keterangan berapa lama karyawan tersebut bekerja (masa kerja) serta pernyataan lain yang mendukung untuk membuat alasan semakin valid.
  7. Tanda tangan pembuat yang disertai dengan nama dan jabatan serta stempel perusahaan.

Semua bagian tersebut perlu dituliskan secara urut dan jelas serta dibuat dalam jangka waktu yang dekat sehingga keterangannya masih baru.

Cara Membuat Surat Pengalaman Kerja
Cara Membuat Surat Pengalaman Kerja | pixabay

Tips Menyusun Surat Pengalaman Kerja

Surat pengalaman kerja ini biasanya disusun oleh bagian personalia atau HRD suatu perusahaan. Beberapa tips berikut ini dapat dijadikan acuan bagi bagian personalia/HRD tersebut dalam menyusun surat pengalaman kerja.

  1. Surat pengalaman kerja dibuat sebagai media untuk mempromosikan seseorang yang bersangkutan kepada HRD atau personalia perusahaan yang baru.
  2. Kelebihan-kelebihan atau prestasi karyawan tersebut selama bekerja disebutkan di dalam surat sehingga dapat menjadi poin tambahan bagi perusahaan barunya.
  3. Penggunaan tata bahasa yang baku dan baik serta menarik sangat berguna untuk menarik perhatian personalia dan pimpinan perusahaan baru karyawan tersebut. Selain itu, hal ini juga supaya terkesan lebih profesional.

Contoh Surat Pengalaman Kerja

  1. Contoh surat pengalaman kerja bidan

Surat ini dikeluarkan oleh pihak rumah sakit dengan menunjukkan bukti pernah bekerja sebagai bidan. Contohnya dapat disajikan sebagai berikut.

BIDAN PRAKTIK MANDIRI (BPM)

SOEMATSONO SOESRINI

Jl. Ahmad Nasir, No. 42, Kota Malang, Malang

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Soematsono Soesrini

Alamat : Jl. Ahmad Nasir, No. 42, Kota Malang, Malang

 

Menerangkan dengan seseungguhnya bahwa,

Nama : Handayani

Temat, tanggal lahir : Malang, 05 Maret 1994

Alamat : Jl. Bunga Coklat, No. 4, Kota Malang, Malang

Bekerja di Bidan Praktik Mandiri (BPM) Soematsono Soesrini di Jl. Ahmad Nasir, No. 42, Kota Malang terhitung sejak Desember 2017 hingga Juni 2018. Beliau memiliki kontribusi yang sangat baik selama bekerja. Demikian surat keterangan ini dibuat untuk bisa digunakan sebagaimana mestinya.

 

Malang, 20 Juni 2017

Soematsono Soesrini

  1. Contoh surat pengalaman kerja karyawan perusahaan

Surat ini dikeluarkan oleh instansi atau perusahan tempat seseorang tersebut bekerja. Karyawan yang hendak mengundurkan diri berhak meminta surat bukti pengalaman kerja kepada perusahaan tersebut. Contoh surat ini disajikan sebagai berikut.

Contoh 1.

PT SAMUDERA SEAFOOD LAUTAN LUAS

Jl. S. Parman No. 9 Jember

SURAT PENGALAMAN KERJA

No. 99/ssls-bk/v/2018

 

Hal : Surat Pengalaman Kerja

 

Kami dari PT. Samudera Seafood Lautan Luas menyatakan bahwa:

Nama : Fitri Kumala

Alamat : Jl. Ikan Bawal No. 10, Sitobondo

Jabatan : Quality Control Staff

Dengan sebenar-benarnya telah bekerja pada perusahaan kami selama 2 tahun dalam kurun waktu 1 Januari 2016 hingga 30 Januari 2018.

Saudari Fitri Kumala telah memberikan kontribusi yang baik selama menjadi karyawan di perusahaan kami serta tidak pernah melakukan perbuatan yang merugikan perusahaan. Sehubungan dengan hal itu, pihak yang bersangkutan mengajukan pengunduran diri kepada perusahaan kami.

Demikian surat ini kami buat, terima kasih atas perhatiannya.

 

Jember, 1 Februari 2018

 

Direktur PT. Samudera Seafood Lautan Luas

 

Contoh 2.

PT. ADIL MAKMUR

Jl. Sentosa No 4 Yogyakarta

Nomor 601842

SURAT PENGALAMAN KERJA

Saya, yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Ahmad Zakaria

Jabatan : Personalia

Menyatakan bahwa,

Nama : Agus Mahendra

Jabatan : Staff Personalia

Adalah benar-benar salah satu karyawan kami dan telah bekerja sejak 9 Maret 2014 hingga 9 Maret 2017 sebagai Staff Personalia. Saudara Ahmad Zakaria menunjukkan performa kerja yang baik selama bekerja di perusahaan kami. Demikian surat ini kami buat dengan sebenar-benarnya untuk digunakan sebagaimana mestinya.

 

Yogyakarta, 8 Maret 2017

Ahmad Zakaria

Personalia

PT. Adil Makmur

 

  1. Contoh surat pengalaman kerja sopir

Meskipun sebagai seorang sopir yang pernah bekerja di suatu perusahaan atau instansi, juga tetap diberikan surat pengalaman kerja. Hal tersebut karena surat pengalaman kerja ini akan sangat dibutuhkan oleh karyawan yang memutuskan untuk mengundurkan diri kemudian melamar ke perusahaan lain dengan profesi yang sama. Contoh surat ini disajikan sebagai berikut.

SURAT PENGALAMAN KERJA

Kepada yang berkepentingan

No. : 061/SPK/V/2017

Hal : Surat Pengalaman Kerja

 

Dengan ini, Kami PT Golden Market Snack menyatakan bahwa:

Nama : Agung Heriawan

Jabatan : Sopir

Telah benar-benar bekerja di perusahaan kami dalam kurun waktu 14 maret 2009 sampai 13 Maret 2017. Saudara Agung telah berkontribusi dengan baik bagi perusahaan dan selama bergabung tidak pernah melakukan tindakan yang negatif.

Kami mengucapkan terima kasih atas segala kerja sama yang telah diberikan dan semoga yang bersangkutan dapat lebih sukses di masa mendatang.

 

Bandung, 13 Juni 2017

Deviana Lestari

Direktur Utama

 

  1. Contoh surat pengalaman kerja guru

Banyak yang setuju bahwa seorang guru merupakan pekerjaan yang sangat mulia karena bertugas mendidik dan mengajari para siswa. Ada banyak sekolah – sekolah yang selalu membutuhkan tenaga guru setiap tahunnya. Untuk itu, kita bisa berkesempatan untuk bekerja dan mengajar di sekolah lain yang lebih menjanjikan. Serta jangan lupa pula untuk meminta surat pengalaman kerja guru dari sekolah yang lama. Contoh surat ini disajikan sebagai berikut.

 

PEMERINTAH KABUPATEN BANYUWANGI

YAYASAN SUNAN AMPEL

SMK ROUDHOTUL ATHFAL

Jl. Sambimulyo, Desa Sambimulyo, Kecamatan Bangorejo, Kabupaten Banyuwangi,

Kode Pos 68487

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

No. : 421/134/SMKRA/XI/2015

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Drs. Suyono

Jabatan : Kepala SMK Roudhotul Athfal

Alamat : Selorejo, RT/RW 05/I, Temurejo, Sambimulyo

 

Menerangkan dengan sebenarnya bahwa:

Nama : Rika Nurmala, S.Si.

Alamat : Kedungrejo, RT/RW 02/II, Sambimulyo

 

Benar telah bekerja di Sekolah yang kami pimpin sejak 1 Januari 2013 sampai 30 September 2015 dengan jabatan terakhir guru/pendidik. Selama menjadi karyawan kami, saudari Rika Nurmala S.Si. telah menunjukkan dedikasi yang tinggi terhadap sekolah kami. Dia mengundurkan diri atas kemauannya sendiri tanpa ada paksaan dari pihak mana pun.

Keterangan ini kami buat dengan sebenar-benarnya supaya pihak yang berkepentingan memaklumi.

Banyuwangi, 2 Oktober 2015

Kepada SMK Roudhotul Athfal,

Drs. Suyono

  1. Contoh surat pengalaman kerja Kepala Cabang

Memiliki karier yang bagus di suatu perusahan tentu menjadi impian banyak orang. Namun terkadang karena suatu hal tertentu, memungkinkan seseorang tersebut harus mengundurkan diri dari perusahaan. Apabila itu terjadi, kita bisa meminta surat pengalaman kerja dari perusahaan supaya memudahkan kita dalam mencari pekerjaan baru selanjutnya. Contoh surat ini disajikan sebagai berikut

 

PT. TIGA BERSAUDARA

Jl. Raya Poros Km 24 Lumajang

Website: www.tigabersaudara.com

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

No. : 12/HRD/VI/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini, Direktur PT. Tiga Bersaudara, menerangkan bahwa :

Nama : Eriko Riko

Alamat : Jl. Oposisi No. 321 Lumajang

Jabatan : Kepala Cabang

Benar telah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin terhitung sejak 11 Januari 2014 sampai 28 Februari 2017, dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Cabang.

Selama menjadi staff kami, Saudara Eriko Riko telah menunjukkan dedikasi serta loyalitas yang sangat baik terhadap perusahaan kami dan tidak pernah melakukan penyelewengan tugas. Sehubungan dengan hal ini, yang bersangkutan sudah mengundurkan diri atas kehendaknya sendiri tanpa paksaan dari pihak mana pun.

Perusahaan sangat berterima kasih dan berharap supaya yang bersangkutan bisa lebih sukses di masa yang akan datang.

Demikian surat keterangan ini kami buat supaya dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Lumajang, 1 Maret 2018

Direktur PT. Tiga Bersaudara

Doni Kurniawan

Contoh Surat Pengalaman Kerja yang baik dan benar
Contoh Surat Pengalaman Kerja yang baik dan benar | Pixabay

Kesimpulan

Demikianlah beberapa contoh surat pengalaman kerja yang dapat dijadikan sebagai acuan. Adanya surat pengalaman kerja ini menjadi sangat penting untuk menunjang karier seseorang nantinya karena surat ini bisa digunakan sebagai bukti kalau kita pernah bekerja dan memiliki pengalaman kerja pada bidang tertentu. Sebaik apapun kita bekerja dan berapa lam pun kita bekerja tentu tidak bisa dibuktikan dengan lisan saja.