Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

0
322
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar | Pixabay

Hal pertama yang harus dilakukan ketika mencari pekerjaan adalah dengan membuat surat lamaran pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan menjadi poin penting yang dapat menentukan diterima atau tidaknya anda di perusahaan yang anda lamar. Surat lamaran pekerjaan merupakan kata pengantar untuk menyampaikan maksud dan tujuan kita. Surat ini juga merupakan salah satu kelengkapan atau syarat melamar kerja yang umum dipakai. Isi dari surat lamaran kerja sendiri harus bisa mempromosikan diri anda secara benar tanpa mengada-ada. Hal tersebut akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi perusahaan yang akan menerima kerja. Untuk bisa dijadikan pertimbangan oleh pihak perusahaan, kita harus membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, kita akan membahas mengenai jenis-jenis surat lamaran kerja, sumber-sumber informasi lowongan pekerjaan, bagian-bagian dalam surat lamaran kerja, dan unsur-unsur penting surat lamaran kerja.

Jenis-Jenis Surat Lamaran Kerja

Berdasarkan jenis pembuatannya, surat lamaran kerja terbagi menjadi dua, yaitu surat lamaran kerja yang digabung dengan riwayat hidup dan surat lamaran kerja yang dipisahkan dari riwayat hidup. Hal tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

  1. Surat lamaran kerja yang digabung dengan riwayat hidup atau biasa disebut dengan curriculum vitae, di dalamnya disertakan juga riwayat hidup pelamar. Model surat lamaran kerja yang seperti ini juga disebut dengan model gabungan.
  2. Surat lamaran kerja yang dipisahkan dengan riwayat hidup, di dalamnya tidak disertakan riwayat hidup. Melainkan riwayat hidup dijadikan sebagai lampiran dan cara ini disebut dengan model terpisah.
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar | Pixabay

Diantara model tersebut, pada praktiknya yang banyak digunakan oleh pelamar adalah yang model terpisah. Meskipun dalam pembuatan surat lamaran kerja model terpisah memerlukan dua kali kerja. Akan tetapi, model ini lebih digemari oleh pelamar kerja karena suratnya tidak terlalu panjang.

Sumber-sumber Informasi Lowongan Pekerjaan

Pada zaman sekarang ini, dimana segala informasi dapat dengan mudah kita dapatkan, begitu juga dengan informasi mengenai lowongan pekerjaan. Adapun sumber-sumber yang dapat memberikan informasi mengenai lowongan pekerjaan, antara lain sebagai berikut.

  1. Informasi lowongan pekerjaan dari media cetak seperti koran atau majalah.
  2. Informasi lowongan kerja dari media sosial, seperti line, linkedIn, dan lain-lain
  3. Informasi lowongan kerja dari internet, seperti website khusus yang berisi lowongan-lowongan kerja. Misalnya Job Street, Jobs ID, Loker ID, dan lain-lain.
  4. Lowongan kerja dari referensi pihak tertentu, seperti kakak tingkat, alumni sekolah, dan lain-lain.

Bagian-bagian dalam Surat Lamaran Kerja

Bagian-bagian yang perlu ada di dalam surat lamaran kerja, yaitu sebagai berikut.

  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat lamaran kerja.
  2. Hal atau perihal, yang biasanya diisi dengan kalimat lamaran pekerjaan.
  3. Lampiran berkas, yang berisi mengenai jumlah berkas yang dilampirkan bersama surat lamaran kerja
  4. Alamat yang dituju, yaitu alamat perusahaan yang ingin di lamar.
  5. Salam pembuka, sebagai pembukaan dalam surat lamaran kerja.
  6. Isi surat yang dapat dibagi menjadi empat bagian, yaitu pembuka, isi surat, daftar lampiran, dan penutup.
  7. Salam penutup, sebagai kata penutup dalam surat lamaran pekerjaan.
  8. Nama terang pelamar yang disertai dengan tanda tangan.

Unsur-unsur Penting dalam Surat Lamaran Kerja

Unsur-unsur penting yang perlu ada untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, adalah sebagai berikut.

  1. Surat lamaran kerja memiliki bentuk yang menarik namun tetap terlihat formal dan profesional.
  2. Bahasa yang digunakan dalam menulis surat lamaran kerja adalah bahasa yang menarik dan mudah dipahami. Tidak menggunakan bahasa yang menimbulkan pengertian ganda.
  3. Isi dari surat lamaran kerja menggambarkan kemampuan pelamar.
  4. Di dalam surat lamaran kerja mencantumkan hal-hal yang perlu dicantumkan, seperti sumber lamaran (sumber informasi lowongan kerja), identitas diri lengkap pelamar (nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, dan nomor yang dapat dihubungi), posisi yang dikehendaki, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan jika ada, keterampilan yang dimiliki, dan referensi jika ada dan pihak pemberi referensi memiliki pengaruh terhadap pengambilan keputusan.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Adapun untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut.

  1. Bahasa yang digunakan dalam menulis surat lamaran kerja, yaitu bahasa yang baik dan benar. Gunakan bahasa formal karena surat lamaran kerja termasuk dari jenis surat resmi. Jadi jangan menggunakan bahasa yang tidak patut digunakan dalam pembuatan surat resmi.
  2. Kalimat yang di tuliskan dalam surat lamaran kerja adalah kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Jangan sampai menggunakan kalimat yang bertele-tele dalam menulis surat lamaran karena isi dari surat lamaran bisa menampilkan jati diri seseorang serta sebuah instansi atau perusahaan tidak menyukai surat lamaran yang bertele-tele.
  3. Lebih baik surat lamaran kerja ditulis secara manual menggunakan tangan karena melalui tulisan tangan dapat dinilai kepribadian seseorang. Akan tetapi, pada saat ini juga banyak perusahaan yang menghimbau pelamar untuk mengetik surat lamarannya menggunakan komputer.
  4. Surat lamaran kerja harus ditampilkan secara bersih. Jangan sampai terdapat bekas penghapus atau coretan di dalam surat lamaran kerja. Apabila terjadi salah menulis lebih baik tulis ulang di kertas yang baru. Jangan menghapus tulisan yang salah dengan menghapus atau menggunakan stipo.
  5. Isi mengenai data diri dan informasi-informasi penting tentang diri anda harus dituliskan secara jelas. Serta lampirkan pula dokumen-dokumen pendukung seperti daftar riwayat hidup, fotocopy identitas diri, dan dokumen-dokumen lain yang menjadi persyaratan.
  6. Apabila anda memiliki sertifikat pendukung yang dapat memberikan nilai tambahan untuk diri anda, lampirkan pada surat lamaran tersebut.

Langkah Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja

Sementara langkah-langkah membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar dapat dijelaskan sebagai berikut.

  1. Tuliskan tempat dan tanggal di awal surat. Misalnya apabila lokasi anda berada di Surabaya, maka masukkan tempat Surabaya. Selanjutnya tuliskan tanggal secara lengkap pada saat anda membuat surat tersebut. Misalnya 10 Januari 2019. Posisi tempat dan tanggal surat ini berada di bagian pojok kanan atas surat.
  2. Tuliskan informasi penerima, yaitu kepada siapa surat lamaran tersebut ditujukan. Selain itu, cantumkan alamat tujuan secara jelas. Biasanya pada bagian ini dituliskan Kepada Yth. Nama orang beserta gelar dan jabatan, nama perusahaan, dan alamat lengkap perusahaan. Contohnya seperti berikut ini.

Kepada

Yth. HRD PT. Sinar Maju Sentosa

Jl. Jend. Suparman No. 22

Di Surabaya

  1. Menuliskan sapaan atau salam hormat untuk memulai menyampaikan isi surat. Pada umumnya, salam hormat atau sapaan ini ditulis dengan kalimat “Dengan hormat” yang diakhiri dengan tanda koma.
  2. Tuliskan data pribadi untuk mengetahui siapa pengirim surat tersebut. Informasi mengenai data diri ini tidak perlu banyak-banyak yang penting isinya jelas. Serta jangan lupa mencantumkan kontak yang mudah dihubungi oleh recruiter.
  3. Selanjutnya adalah menuliskan maksud dan tujuan surat lamaran dengan jelas. Untuk menuliskan ini dapat dimulai dengan memberikan informasi mengenai dari mana anda mendapatkan informasi lowongan kerja tersebut dan kapan waktunya. Sertakan pula posisi yang ingin anda lamar. Contohnya adalah sebagai berikut.

Berdasarkan informasi lowongan kerja yang dimuat di Koran Kompas Edisi 9 Januari 2019, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran kerja ke PT. Sinar Maju Sentosa sebagai staff Research and Development.

  1. Kemudian lampiran yang mendukung perlu dituliskan juga untuk mendukung keingingan anda dalam menempati posisi tertentu dan juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Lampiran ini biasanya disesuaikan dengan syarat yang diberikan oleh perusahaan.
  2. Pada bagian akhir, jangan lupa tuliskan juga ucapan terima kasih. Tidak perlu menuliskan beribu-ribu terima kasih atau terima kasih banyak, cukup dengan terima kasih saja.
  3. Bubuhkan tanda tangan di bagian paling akhir surat lamaran yang disertai dengan nama secara jelas dan lengkap.
  4. Setelah selesai menulis surat lamaran kerja, bacalah sekali lagi dan pastikan tidak ada yang salah ketik. Tata bahasa yang digunakan adalah tata bahasa yang baik dan benar, serta tidak ada kata yang sering diulang-ulang.
  5. Pastikan kembali kertas surat lamaran kerja yang ditulis tangan maupun diketik dalam kondisi bersih, tidak ada kotoran, bekas lipatan, bekas dihapus, atau kotoran apapun.
  6. Apabila surat lamaran ditulis dengan menggunakan tulisan tangan, pastikan tulisan tersebut mudah terbaca dan hindari penggunaan huruf tegak bersambung. Ketika menulis surat lamaran kerja dengan tulis tangan, alasi tangan menggunakan tisu supaya kertas tidak kotor.

Contoh aplikasi langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.

Malang, 10 Januari 2019

Hal : Lamaran pekerjaan

Lampiran :1 berkas

Kepada Yth.

HRD Manager PT. Wings Nusantara

Jl. Adi Sucipto No. 11

Di. Pasuruan

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari website Job Street pada tanggal 8 Januari2019, PT. Wings Nusantara membuka beberapa lowongan pekerjaan untuk beberapa bagian. Dengan surat lamaran ini, saya bermaksud untuk bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksud adalah bagian Document control di PT. Wings Nusantara.

Berikut ini adalah biodata singkat saya

Nama : Devina Pertama Jingga

Tempat, tanggal lahir : Malang, 5 Desember 1993

Jenis kelamin : Perempuan

Pendidikan terakhir : S1 Ilmu dan Teknologi Pangan

Alamat : Jl. Tirtosari, No. 2, Landungsari, Malang

Telepon (HP) : 082333444555

Saya memiliki pengalaman bekerja di bagian Document control selama 2 tahun di perusahaan sebelumnya serta telah mengikuti beberapa pelatihan ISO 9001. Sebagai bahan pertimbangan berikut saya lampirkan kelengkapan data diri saya yang meliputi.

  1. Fotocopy identitas diri
  2. Daftar riwayat hidup
  3. Fotocopy ijazah terakhir
  4. Fotocopy surat pengalaman kerja
  5. Sertifikat pelatihan ISO 9001

Besar harapan saya untuk bisa menjadi bagian dari perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dan kemampuan saya dapat berguna untuk perusahaan. Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya, atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Devina Permata Jingga

Kesimpulan

Pada umumnya, cara menulis surat lamaran kerja untuk diajukan ke perusahaan manapun isinya sama saja. Demikianlah cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar yang perlu diperhatikan supaya memiliki peluang besar untuk diterima pada pekerjaan di perusahaan yang anda inginkan. Begitu banyak pesaing ketika melamar pekerjaan karena banyak orang yang memerlukan pekerjaan namun ketersediaan lapangan kerja tidak memadai. Apabila surat lamaran kerja tidak disusun secara menarik, jelas, singkat, dan padat akan membuat anda menjadi susah memasuki perusahaan yang anda inginkan karena persaingannya yang begitu ketat.